kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diketahui, Waspada 8 Hal Ini


Selasa, 19 Maret 2024 / 14:18 WIB
Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diketahui, Waspada 8 Hal Ini
ILUSTRASI. Kanker payudara

Penulis: Ryan Suherlan

Ciri-ciri Kanker Payudara - Ciri-ciri kanker payudara adalah salah satu hal yang penting diketahui dan perlu diwaspadai. Pasalnya, mengetahui ciri-ciri kanker tersebut bisa menjadi cara pencegahan.

Pasalnya, Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia dan telah memengaruhi jutaan wanita. Meskipun penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami ciri-ciri kanker payudara yang perlu diwaspadai agar dapat melakukan deteksi dini, yang merupakan kunci kesembuhan dalam banyak kasus kanker payudara.

Baca Juga: 6 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan, Teruji Khasiatnya Secara Klinis

Melansir dari Mayo Clinic, Para peneliti telah menemukan hal-hal yang meningkatkan risiko kanker payudara. Ini termasuk hormon, pilihan gaya hidup dan hal-hal di lingkungan.

Selain itu, berikut beberapa ciri-ciri kanker payudara yang perlu diketahui:

Pembengkakan atau Benjolan

Salah satu ciri utama kanker payudara adalah adanya pembengkakan atau benjolan yang teraba di payudara. Benjolan ini biasanya tidak terasa sakit, dan bisa terletak di berbagai bagian payudara. Meskipun banyak benjolan pada payudara adalah jinak, penting untuk segera memeriksanya jika Anda menemukan benjolan yang tidak hilang setelah beberapa siklus menstruasi.

Baca Juga: Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini

Perubahan Bentuk atau Ukuran Payudara

Kanker payudara juga dapat menyebabkan perubahan bentuk atau ukuran payudara. Payudara yang terkena kanker mungkin terlihat lebih besar atau lebih kecil dari biasanya. Perubahan ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan tidak terkait dengan perubahan berat badan atau faktor lainnya.

Perubahan pada Kulit Payudara

Beberapa perubahan kulit payudara yang perlu diwaspadai meliputi kulit yang terlihat seperti jeruk bali (peau d'orange), pembengkakan, kemerahan, gatal, atau mengelupas. Kulit payudara yang terasa panas atau perubahan warna yang mencolok juga dapat menjadi tanda peringatan.

Sekresi dari Puting Payudara

Sekresi berlebihan, berdarah, atau berwarna coklat dari puting payudara adalah tanda yang perlu diwaspadai. Meskipun sebagian besar sekresi puting payudara adalah jinak, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami hal ini.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Nyeri Payudara yang Persisten

Nyeri payudara adalah gejala yang umum pada banyak wanita, terutama sebelum atau selama menstruasi. Namun, jika Anda mengalami nyeri payudara yang tidak kunjung mereda, terutama jika hanya terjadi pada satu payudara, segera temui dokter.
Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Ketek atau Leher

Kanker payudara bisa menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak atau leher. Jika Anda merasa adanya benjolan atau pembengkakan yang tidak kunjung hilang di area ini, konsultasikan dengan dokter.

Perubahan pada Puting Payudara

Perubahan pada puting payudara seperti inversi (masuk ke dalam) atau perubahan bentuk yang signifikan perlu diperhatikan. Ini dapat menjadi tanda adanya masalah di dalam payudara.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!

Nyeri di Area Ketiak

Rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang berkepanjangan di area payudara atau ketiak juga perlu diwaspadai. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah di dalam payudara.

Deteksi dini sangat penting dalam mengatasi kanker payudara. Ini dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi tingkat keparahan pengobatan yang diperlukan. Segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala atau memiliki faktor risiko tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×