kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,27   8,88   0.98%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 6 Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur yang Wajib Dihindari


Jumat, 08 Maret 2024 / 10:57 WIB
Ini 6 Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur yang Wajib Dihindari
ILUSTRASI. Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur yang Wajib Dihindari

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak makanan dan minuman pemicu insomnia yang dihindari sebelum tidur. Konsumsi makanan sehat tentu dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat di kemudian hari.

Sayangnya, beberapa makanan di bawah ini diklaim sehat namun tidak dengan kasus bila dikonsumsi menjelang tidur.

Makan dan minum sebelum tidur sebaiknya perlu diperhatikan untuk menghindari adanya gangguan susah tidur atau insomnia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya tujuh jam setiap malam untuk mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

Baca Juga: Ini 7 Bahaya Konsumsi Kafein untuk Anak dari Seduhan Teh

Pengaruh kandungan makanan

Ilustrasi Kesehatan

Hal ini bukan hanya tentang rasa lelah dan rewel, karena kurang tidur kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan kronis, termasuk tekanan darah tinggi, obesitas, stroke, depresi, dan diabetes, menurut penelitian.

Lalu, apa saja yang bisa mempengaruhi tidur dari makanan dan minuman? ada beberapa makanan dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang karena beberapa alasan:

  • Kandungan Kafein: Makanan atau minuman yang mengandung kafein bisa membuat sulit tidur karena efek stimulan kafein tersebut. Kafein bisa meningkatkan denyut jantung, meningkatkan keadaan waspada, dan mengganggu pola tidur.
  • Makanan Berlemak Tinggi: Makanan berlemak tinggi dapat meningkatkan asam lambung, yang bisa menyebabkan gangguan tidur karena mulas atau ketidaknyamanan pada perut.
  • Makanan Berat: Makanan yang berat dan berlemak bisa memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga mengonsumsinya sebelum tidur bisa mengganggu kenyamanan dan menyebabkan terjaga di malam hari.
  • Konsumsi Gula Tinggi: Makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang diikuti oleh penurunan tajam. Ini dapat memicu terbangun di tengah malam atau gangguan tidur lainnya.
  • Alkohol: Meskipun alkohol mungkin membuat Anda mengantuk pada awalnya, konsumsi alkohol dapat mengganggu siklus tidur Anda. Ini bisa menyebabkan tidur yang lebih dangkal, sering terbangun di tengah malam, atau gangguan tidur lainnya.
  • Kafein dan Lemak Trans Tersembunyi: Beberapa makanan dan minuman mungkin memiliki kandungan kafein atau lemak trans yang tidak terduga, seperti beberapa jenis minuman ringan, minuman energi, atau makanan cepat saji. Ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur.

Baca Juga: Satu Bagian Tubuh Ini Bisa Digunakan untuk Lihat Kemunculan Gejala Kolesterol Tinggi

Makanan dan minuman yang dihindari sebelum tidur

Ada beberapa makanan dan minuman penyebab susah tidur atau insomnia yang wajib dihindari, dilansir dari laman Everyday Health.

1. Pizza dan Roti

Jika setelah makan makanan junk food yang terlalu diproses membuat Anda merasa fisik tidak nyaman, hal ini pastinya tidak akan baik untuk kualitas tidur Anda. Pizza memiliki dampak ganda karena tinggi lemak jenuh dan natrium.

Makanan yang memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi sebaiknya dihindari saat malam hari. Misalnya, mentega, es krim, dan makanan yang digoreng seperti kentang goreng.

Faktanya, sebuah penelitian yang melibatkan 26 orang dewasa dengan berat badan normal yang biasanya tidur antara tujuh dan sembilan jam sehari menemukan bahwa asupan lemak jenuh yang tinggi sepanjang hari menghasilkan tidur yang lebih ringan dan "kurang bermanfaat".

2. Smoothies

Konsumsi asupan gula yang berlebihan terkait dengan banyak masalah kesehatan. Ini juga bisa membuat tidur menjadi lebih sulit.

Meskipun smoothies mungkin terlihat seperti minuman sehat yang bagus, namun sebuah penelitian yang meneliti minuman di Inggris menemukan bahwa produk smoothie kemasan rata-rata mengandung lebih banyak gula per sajian (sekitar 2½ sendok teh) daripada jus.

Sekitar 40 persen dari produk yang diuji mengandung hampir 4 sendok teh gula. Bagi beberapa orang, makanan manis memberikan lonjakan energi yang bisa kesulitan untuk mendapatkan tidur nyenyak.

Selain itu, gula rafinasi dapat menyebabkan fluktuasi cepat dalam kadar glukosa darah Anda, kata Taub-Dix, yang dapat meningkatkan adrenalin dan membuat tidur menjadi sulit.

3. Keju

Kandungan protein dalam keju menyediakan triptofan, asam amino yang penelitian telah menunjukkan dapat membantu dalam relaksasi dan tidur. Sayangnya, tidak semua keju bersifat hipnotik.

Konsumsi keju yang kuat atau tua seperti cheddar, Gruyère, dan Parmesan mengandung jumlah tinggi asam amino tiramin, yang meningkatkan denyut jantung.

Sebaiknya, Anda bisa konsumsi makanan seperti almond mengandung magnesium, yang penelitian telah menemukan dapat membantu mengatasi insomnia.

4. Tomat

Meskipun banyak manfaat kesehatan, tomat yang sederhana bisa buruk untuk tidur bila dimakan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Makanan yang bersifat asam bisa mengiritasi lapisan lambung dan meningkatkan tingkat pH asam dalam tubuh, memicu gangguan pencernaan, heartburn, dan asam lambung, yang semuanya bisa mengganggu tidur.

Meskipun tinggi vitamin C, zat besi, dan likopen, tomat dianggap sangat asam dan sebaiknya dihindari sehingga rentan terhadap asam lambung.

5. Saus Pedas

Makanan pedas juga bisa menyebabkan asam lambung. Bila dicampurkan ke makanan, maka asam lambung dan makanan yang dicerna dapat kembali naik melalui kerongkongan.

Banyak orang menemukan bahwa makan makanan pedas dapat menyebabkan efek ini selama hari, apalagi saat tidur, di mana dampak negatifnya dapat menjadi bertambah.

Jika Anda makan makanan pedas untuk makan malam, tunggu tiga jam sebelum tidur untuk menghindari memperburuk potensi asam lambung yang mungkin timbul dari berbaring.

6. Air mineral

Dengan manfaat hidrasi yang tidak diragukan, namun sedikit hal yang bisa membuat frustrasi seperti ketika baru saja mulai tertidur dan merasa ingin buang air kecil.

Sebenernya, kondisi ini tidak jarang terjadi saat Anda cenderung minum banyak air. Pastikan Anda tidak terlalu banyak konsumsi air putih setidaknya 1 jam sebelum tidur malam.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum tidur agar lebih nyenyak di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×