kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 6 Manfaat Yoga Prenatal untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan


Sabtu, 09 Maret 2024 / 10:40 WIB
Ini 6 Manfaat Yoga Prenatal untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Yoga prenatal

Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Yoga Prenatal  - JAKARTA. Simak keuntungan Yoga untuk calon ibu yang penting diketahui. Semua calon ibu dapat mencoba kegiatan yang bermanfaat seperti Yoga Prenatal.

Yoga Prenatal adalah jenis latihan fisik, pernapasan, dan meditasi yang berasal dari warisan kuno India. Sasaran utama dari yoga prenatal adalah mencapai harmoni antara pikiran, tubuh, dan jiwa selama kehamilan.

Gerakan tubuh dalam Yoga Prenatal disesuaikan dan lebih terkendali, dengan pernapasan yang teratur dan fokus mental yang tinggi. Ini membantu menciptakan keseimbangan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Tentu saja, manfaat Yoga untuk ibu hamil meliputi kesehatan yang lebih baik dan memfasilitasi proses kelahiran di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Khasiat Rutin Minum Air Rebusan Daun Sirsak dan Efek Sampingnya

Kapan Ibu Hamil bisa ikut Yoga Prenatal?

Kapalbhati

Calon ibu dapat memulai praktik yoga sejak awal kehamilan dengan persetujuan dokter kandungan. Idealnya, jika tidak ada komplikasi kehamilan atau masalah kesehatan tertentu, praktik yoga dapat dimulai pada trimester pertama atau saat kehamilan mencapai usia 3 bulan.

Namun, karena setiap kehamilan bersifat unik dan setiap wanita mengalami perubahan fisik dan kesehatan yang berbeda, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memulai atau melanjutkan latihan yoga selama kehamilan.

Dokter kandungan akan mengevaluasi kesehatan dan kondisi ibu hamil serta memberikan rekomendasi berdasarkan situasi individu. Pastikan untuk memahami petunjuk dan batasan yang harus diikuti selama praktik yoga, terutama jika ada kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian khusus.

Baca Juga: Apa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan? Cek 5 Hal Ini

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, beberapa pose atau gerakan dalam yoga mungkin perlu dimodifikasi atau dihindari untuk menjaga kenyamanan dan keamanan ibu hamil.

Instruktur yoga yang berpengalaman untuk ibu hamil dapat memberikan panduan dan pilihan pose yang aman dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Yuk, ketahui beberapa manfaat yoga untuk Ibu Hamil dilansir dari Parents.com.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Kelenturan

Praktik yoga dapat membantu memperkuat otot-otot penting dalam tubuh ibu hamil, yang membantu menjaga keseimbangan, postur tubuh yang baik, serta mengurangi ketidaknyamanan fisik. Latihan pernapasan dan peregangan dalam yoga juga meningkatkan kelenturan tubuh, yang bermanfaat selama masa kehamilan dan persalinan.

2. Mengurangi Stres dan Ketegangan

Yoga membantu mengurangi tingkat stres dengan mengatasi ketegangan fisik dan mental melalui pernapasan teratur, meditasi, dan gerakan yang lembut. Ini menciptakan perasaan ketenangan dan relaksasi, serta membantu ibu hamil menghadapi perubahan emosional yang terjadi selama kehamilan.

3. Meningkatkan Keseimbangan Emosional

Praktik yoga mengajarkan kesadaran dan pengendalian pikiran serta emosi. Ini membantu ibu hamil mengembangkan ketenangan batin, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan keseimbangan emosional, yang sangat penting untuk kesejahteraan mental selama masa kehamilan.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Yoga membantu memperbaiki kualitas tidur yang terganggu selama kehamilan. Banyak ibu hamil mengalami kesulitan tidur karena perubahan hormonal dan fisik, tetapi yoga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan menciptakan kondisi yang lebih baik untuk tidur yang nyenyak.

5. Memperkuat Otot Punggung dan Pinggul

Dengan gerakan yang lembut, yoga membantu memperkuat otot-otot punggung, pinggul, dan inti tubuh, yang mendukung stabilitas tulang belakang dan pertumbuhan janin yang sehat. Gerakan ini juga dapat membantu ibu hamil lebih rileks selama proses persalinan.

6. Meningkatkan Kesadaran Tubuh

Yoga membantu ibu hamil untuk lebih sadar akan perubahan yang terjadi pada tubuh selama kehamilan. Ini membantu dalam mengatur postur yang benar, mengurangi ketidaknyamanan fisik, dan memperkuat hubungan antara ibu hamil dan janin di dalam rahim.

Hal ini akan memastikan latihan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh ibu hamil. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai latihan yoga atau program kebugaran apa pun selama kehamilan.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat Yoga untuk Ibu hamil dan waktu yang tepat untuk memulainya.

Selanjutnya: Ini Kata OJK Soal Perkembangan Gagal Bayar Fintech iGrow

Menarik Dibaca: Ada My Sibling's Romance, 6 Variety Show Korea Ini Punya Konsep Unik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×