kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 6 Tips Mengurangi Rasa Pegal pada Tubuh dengan Efektif


Minggu, 14 April 2024 / 15:00 WIB
Ini 6 Tips Mengurangi Rasa Pegal pada Tubuh dengan Efektif
ILUSTRASI. Nyeri punggung

Penulis: Bimo Kresnomurti

Tips Mengurangi Rasa Pegal  - JAKARTA. Intip tips mengurangi rasa pegal dan tidak nyaman pada tubuh. Kondisi tubuh bisa berubah sesuai tingkat kesehatan seseorang.

Rasa pegal merupakan sensasi atau perasaan yang tidak enak atau kaku pada otot. Hal ini sering kali terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang berat atau tidak biasa.

Pegal bisa dirasakan sebagai ketegangan atau kekakuan pada otot, dan seringkali disertai dengan sensasi nyeri atau tidak nyaman lainnya.

Artinya, Anda perlu memahami faktor pemicu sehingga Anda bisa mendapatkan solusi penanganannya.

Baca Juga: 8 Jenis Minuman Sehat Setelah Makan Berat yang Baik untuk Pencernaan

Penyebab rasa pegal

Nyeri leher

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya rasa pegal meliputi:

  • Aktivitas Fisik yang Berlebihan: Melakukan aktivitas fisik yang melebihi kapasitas otot Anda bisa menyebabkan terjadinya rasa pegal. Ini sering terjadi ketika seseorang melakukan olahraga yang intensitasnya tinggi atau ketika melakukan gerakan yang tidak biasa bagi tubuhnya.
  • Cedera Otot: Jika otot mengalami cedera atau ketegangan, hal ini bisa menyebabkan terjadinya rasa pegal. Cedera otot bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti olahraga yang berlebihan, posisi tubuh yang salah, atau kecelakaan.
  • Kurang Pemanasan atau Pendinginan: Kurang melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik atau kurang melakukan pendinginan setelah aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko terjadinya rasa pegal. Pemanasan membantu mempersiapkan otot untuk aktivitas fisik, sedangkan pendinginan membantu mengurangi risiko terjadinya kekakuan otot setelahnya.
  • Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis, seperti arthritis, fibromyalgia, atau sindrom kaki tak nyaman (restless leg syndrome), juga dapat menyebabkan terjadinya rasa pegal pada otot.
  • Stres atau Kecemasan: Stres atau kecemasan dapat menyebabkan otot menjadi tegang, yang pada gilirannya dapat menyebabkan terjadinya rasa pegal.

Nah, setelah mengenal faktor penyebabnya, Anda tentu sadar akan penanganan lebih lanjut yang perlu dilakukan.

Baca Juga: 7 Obat Wasir Alami yang Bisa Dibuat Sendiri dan Cara Mengatasi Wasir

Ada beberapa cara yang bisa membantu mengurangi atau menghilangkan rasa pegal di tubuh, dilansir dari laman Family Doctor.

1. Peregangan

Anda melakukan peregangan ringan secara teratur untuk merenggangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Fokuskan pada area tubuh yang terasa pegal, seperti leher, bahu, punggung, dan kaki.

2. Pijat Titik Tertentu

Selain itu, Anda bisa memberikan diri Anda pijatan ringan atau mintalah bantuan orang lain untuk memijat area tubuh yang tegang. Pijatan dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah.

3. Kompres Hangat

Anda bisa menggunakan kompres hangat, seperti handuk yang direndam air hangat atau botol air panas yang dibungkus dengan kain, dan tempatkan pada area tubuh yang pegal selama beberapa menit. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Minum Air Putih

Nah, tubuh Anda terhidrasi dengan baik dengan minum cukup air putih setiap hari. Dehidrasi dapat menyebabkan otot menjadi tegang dan menyebabkan rasa pegal.

5. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk memberikan tubuh waktu untuk istirahat dan pulih setelah aktivitas fisik atau pekerjaan yang melelahkan. Tidur yang cukup sangat penting untuk pemulihan otot dan mengurangi rasa pegal.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Pilih makanan yang kaya akan nutrisi, terutama yang mengandung magnesium, potassium, dan kalsium, seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Nutrisi ini penting untuk kesehatan otot dan mengurangi kekakuan.

Demikian informasi terkait tips mengurangi rasa pegal yang bisa Anda coba selama berlibur lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×