kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 7 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Rabu, 10 April 2024 / 12:00 WIB
Ini 7 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan yang Menakjubkan). Kontan/Alri kemas

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami beragam manfaat yang ditawarkan oleh kelapa muda untuk kesehatan, mulai dari kulit hingga jantung. Konsumsi kelapa muda dapat memberikan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Kelapa muda merujuk pada buah kelapa yang masih belum matang sepenuhnya dan biasanya terdiri dari dua komponen utama, yaitu daging yang masih lembut di dalamnya dan air kelapa yang terletak di dalam daging.

Pada tahap ketika kelapa belum mencapai tingkat kematangan penuh, dagingnya masih memiliki kelembutan yang khas dan airnya belum mencapai tingkat kedewasaan. Hal ini dikenal sebagai kelapa muda.

Air kelapa yang terdapat dalam kelapa muda biasanya memiliki rasa yang sangat segar dan mengandung sejumlah besar elektrolit, seperti kalium, yang menjadikannya minuman yang amat menyegarkan.

Baca Juga: Ini Jenis Diet untuk Mencegah Hipertensi Kumat

Keuntungan konsumsi kelapa muda

Penjualan kelapa muda meningkat pada bulan Ramadhan

Di berbagai negara tropis, kelapa muda sering dikonsumsi sebagai camilan atau minuman favorit. Biasanya, untuk menikmati air kelapa, kulit kelapa muda dibuka dan airnya langsung diminum.

Daging kelapa muda juga dapat dimakan dan biasanya lebih mudah diolah dibandingkan dengan daging kelapa tua yang lebih keras. Buah ini menghadirkan berbagai manfaat dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam cara.

Simak informasi terkait manfaat dan penggunaan dari kelapa muda dilansir dari laman Prevention.

Baca Juga: Menarik! Ini 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh

1. Sumber Nutrisi

 Air kelapa mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, serat, dan berbagai mineral. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

2. Penyegar Mulut Alami

Air kelapa dapat membantu membersihkan mulut dan menghilangkan bau napas yang tidak sedap. Kandungan asam laurat dalam air kelapa juga memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kesehatan mulut.

3. Mengobati Diare dan Dehidrasi

Air kelapa dapat membantu meredakan gejala diare karena kandungan elektrolitnya dapat menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare.

Karena sifatnya yang menghidrasi, air kelapa sering digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan.

4. Minuman Segar

Isi dari kelapa muda adalah air kelapa yang kaya akan elektrolit alami, seperti kalium. Ini membuatnya menjadi minuman yang segar dan bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, terutama saat cuaca panas atau setelah aktivitas fisik.

Kelapa muda

5. Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan kelapa mudah salah satunya adalah potasium melalui air kelapa yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Potasium dapat membantu mengendurkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah yang sehat dan mengatur tingkat tekanan darah.

6. Bahan Masakan dan Minuman

Daging kelapa muda dapat digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman, seperti es kelapa muda, salad buah, atau hidangan laut. Daging kelapa muda sering juga digunakan dalam masakan Asia Tenggara, seperti rendang.

7. Bahan Alami Kosmetik

Anda bisa memanfaatkan minyak yang berasal dari ekstrak kelapa muda dapat digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit dan rambut alami. Minyak kelapa muda memiliki sifat pelembap dan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan rambut.

Selain itu, olahan gel dari kelapa muda dapat digunakan sebagai masker wajah alami untuk membersihkan dan memberikan hidrasi ke kulit.

Itulah sederet manfaat kelapa muda untuk kesehatan tentu bisa menjadi pertimbangan untuk konsumsinya secara rutin.

Selanjutnya: Lekat Dengan Dunia Kriminal, Tonton 6 Serial Forensik Barat Ini di Netflix yuk

Menarik Dibaca: Lekat Dengan Dunia Kriminal, Tonton 6 Serial Forensik Barat Ini di Netflix yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×