kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
AKTUAL /

Ini 8 Makanan untuk Penyembuhan Luka Cepat Kering dan Tipsnya


Jumat, 22 Desember 2023 / 11:14 WIB
Ini 8 Makanan untuk Penyembuhan Luka Cepat Kering dan Tipsnya
ILUSTRASI. Makanan untuk Penyembuhan Luka Cepat Kering

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip cara agar luka cepat kering dengan makanan bergizi ini. Konsumsi makanan bernutrisi penting dalam penyembuhan luka kecil hingga luka karena operasi.

Luka kulit adalah kerusakan atau pecahnya integritas kulit, lapisan pelindung luar tubuh, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera fisik, gesekan, atau proses penyakit.

Kejadian ini dapat melibatkan berbagai tingkat keparahan, mulai dari luka ringan seperti lecet hingga luka yang lebih serius seperti luka bakar atau sayatan dalam.

Proses penyembuhan luka kulit melibatkan serangkaian reaksi biologis, termasuk peradangan, pembentukan jaringan parut, dan regenerasi sel-sel kulit untuk mengembalikan struktur dan fungsi normal kulit yang terluka.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menyamarkan Bekas Jerawat, Ada Madu hingga Minyak Jintan

Tips pemulihan luka kulit

Makanan untuk luka kulit

Untungnya, pilihan makanan yang sehat dapat membantu dalam proses pemulihan dengan menyediakan kalori, vitamin, mineral, dan protein yang diperlukan untuk mendukung penyembuhan.

  • Rencana makan dengan Nutrisi: Rencanakan makanan sehat dan seimbang yang mencakup jumlah makanan yang tepat dari semua kelompok makanan protein, buah-buahan, sayuran, produk susu, dan biji-bijian.
  • Pilih sayuran dan buah-buahan: Buah kaya vitamin C, seperti brokoli atau stroberi. Untuk sumber seng yang memadai, pilih biji-bijian yang diperkaya dan makanan protein, seperti daging sapi, ayam, makanan laut, atau kacang-kacangan. Beberapa luka mungkin memerlukan asupan vitamin dan mineral tertentu yang lebih tinggi untuk mendukung proses penyembuhan.
  • Protein yang cukup sepanjang hari: Sertakan sumber protein pada setiap makan atau camilan. Menu contoh mungkin mencakup telur dadar untuk sarapan, taco kacang hitam untuk makan siang, yogurt atau keju untuk camilan, dan ayam untuk makan malam.
  • Perhatian khusus penderita diabetes: Bagi orang dengan diabetes, kontrol tingkat gula darah untuk membantu mencegah luka dan mendukung proses penyembuhan dan pemulihan.

Makanan untuk luka cepat kering

Nah, Anda perlu mencatat makanan untuk penyembuhan luka cepat kering dilansir dari laman Healthline.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, bayam, arugula, sawi, dan lobak Swiss, mengandung nutrisi yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C, mangan, magnesium, folat, dan provitamin A pada sayuran hijau menjadikannya pilihan yang ideal untuk mendukung pemulihan tubuh. Selain itu, polifenol antioksidan pada sayuran ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat memperkuat kekebalan.

2. Telur

Setelah menjalani operasi, tubuh membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi dari rekomendasi biasa. Telur, selain menjadi sumber protein yang mudah diserap, juga menyediakan nutrisi penting seperti vitamin A, B12, seng, zat besi, dan selenium. Telur dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan proses penyembuhan luka.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein, vitamin B, selenium, zat besi, zinc, dan lemak omega-3. Lemak omega-3 dalam salmon dapat mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan respons imun, dan mengurangi peradangan. Selain itu, salmon merupakan sumber selenium yang baik, mineral yang berperan dalam mengatur peradangan dan respons imun.

4. Buah Beri

Buah beri kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman yang mendukung pemulihan tubuh. Vitamin C dalam buah beri merangsang produksi kolagen, protein utama dalam tubuh yang membantu penyembuhan luka. Antioksidan seperti antosianin pada buah beri memiliki efek anti-inflamasi, antivirus, dan mendukung sistem kekebalan.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Selain itu ada juga almond, pecan, walnut, biji bunga matahari, dan biji rami memberikan energi, protein nabati, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang mendukung penyembuhan. Kandungan seng, vitamin E, mangan, dan magnesium dalam kacang-kacangan dan biji-bijian mendukung fungsi kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan.

6. Protein hewani

Ayam dan kalkun, mengandung asam amino glutamin dan arginin, yang mendukung proses pemulihan dan penyembuhan. Glutamin memberikan perlindungan sel selama masa stres, sementara arginin membantu produksi kolagen dan penyembuhan luka. Keduanya berperan penting dalam pemulihan setelah operasi atau penyakit.

7. Jeroan

Daging organ, seperti hati dan ginjal, merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk vitamin A, zat besi, seng, vitamin B, dan tembaga. Nutrisi ini mendukung kekebalan tubuh, produksi jaringan ikat, dan penyembuhan luka.

Vitamin A dalam jeroan juga penting untuk respons sel kekebalan dan kesehatan kulit. Dengan kandungan protein yang tinggi, jeroan merupakan pilihan makanan bergizi untuk pemulihan tubuh.

8. Kerang

Kerang seperti tiram, remis, dan kerang kaya akan nutrisi, terutama seng, yang dapat mempercepat proses pemulihan. Seng memegang peranan krusial dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh yang optimal, dan konsumsi kerang dapat membantu mempercepat pemulihan dan proses penyembuhan luka setelah operasi.

Demikian informasi tips dan makanan yang mendukung masa penyembuhan luka agar cepat kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×