kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 8 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan Kulit hingga Pencernaan


Selasa, 23 April 2024 / 09:12 WIB
Ini 8 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan Kulit hingga Pencernaan
ILUSTRASI. Ini 8 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan Kulit hingga Pencernaan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar manfaat konsumsi air mentimun bagi kesehatan. Air mentimun bukan hanya memberikan rasa segar yang menyegarkan, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Air mentimun merupakan air yang dihasilkan dari merendam atau mencampur mentimun dengan air. Mentimun biasanya dipotong menjadi irisan tipis dan direndam dalam air dingin untuk beberapa waktu, biasanya beberapa jam, untuk menghasilkan air mentimun.

Air mentimun sering kali digunakan sebagai minuman penyegar karena rasa segarnya yang khas dan kesegaran yang memberikan sensasi menyegarkan saat dikonsumsi.

Selain itu, air mentimun juga dapat digunakan sebagai bahan dalam berbagai resep minuman atau sebagai toner alami untuk perawatan kulit.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Darah Secara Alami

Manfaat Air Mentimun

Air mentimun

Manfaat konsumsi air ini dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi hingga mendukung kesehatan tulang, air mentimun telah dikenal sebagai minuman yang menyehatkan dengan kandungan nutrisi yang kaya.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga memberikan dampak positif pada kulit dan berat badan. 

Untuk itu, Anda perlu mengenal lebih jauh manfaat konsumsi air mentimun yang memicu Anda konsumsi secara rutin.

Berikut ini informasi terkait manfaat konsumsi air mentimun bagi kesehatan, dirangkum lewat laman Healthline.

Baca Juga: Anti Repot! 6 Cara untuk Mengobati Radang Tenggorokan yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Tubuh tetap terhidrasi

Tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Kebanyakan orang seharusnya mencoba untuk minum enam hingga delapan gelas air per hari, menurut American Academy of Family Physicians.

Dengan menambahkan mentimun memberikan rasa tambahan, ini dapat mendorong untuk minum lebih banyak.

2. Bantu penurunan berat badan

Apabila Anda mencoba menurunkan berat badan, mengganti minuman bersoda manis, minuman olahraga, dan jus dengan air mentimun dapat membantu Anda mengurangi kalori yang signifikan dari diet Anda.

Ini dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi juga membantu Anda merasa kenyang. Terkadang tubuh Anda bingung antara haus dan lapar. Anda mungkin merasa lapar, padahal sebenarnya haus.

Ambil segelas besar air mentimun terlebih dahulu. Jika rasa lapar Anda hilang setelah selesai minum, maka Anda haus. Jika Anda masih lapar, maka Anda tahu itu lapar.

3. Asupan antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat menyebabkan kondisi kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, Alzheimer, hingga degenerasi mata.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan mungkin dapat membalik atau menghentikan kerusakan ini. Inilah mengapa Anda harus mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi antioksidan.

Mentimun masuk ke dalam kategori ini karena kaya akan vitamin C, beta karoten, mangan, hingga molibdenum.

4. Pencegahan kanker

Beberapa penelitian awal menyarankan bahwa mentimun dapat membantu dalam melawan kanker. Bersama dengan antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut kucurbitasin dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan, yang mungkin memiliki peran dalam melindungi dari kanker.

Sebuah penelitian dalam Jurnal Penelitian Kanker menyarankan bahwa flavonoid diet fisetin, yang ditemukan dalam mentimun, mungkin membantu melambatkan perkembangan kanker prostat.

5. Kontrol tekanan darah

Salah satu faktor yang berkontribusi pada tekanan darah tinggi adalah memiliki terlalu banyak garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam diet Anda.

Kelebihan garam menyebabkan tubuh Anda menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal.

Mentimun adalah sumber kalium yang baik. Minum air mentimun membantu tubuh Anda mendapatkan lebih banyak kalium, yang potensial membantu menurunkan tekanan darah Anda.

6. Dukung kesehatan kulit

Air mentimun dapat membantu menenangkan kulit Anda dari dalam. Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dan menjaga kulit tetap sehat.

Mentimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B-5, yang telah digunakan untuk mengobati jerawat. Satu cangkir mentimun iris memiliki sekitar 5 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin B-5.

7. Baik untuk kesehatan tulang

Mentimun tinggi vitamin K dalam satu cangkir mentimun iris memiliki sekitar 19 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Tubuh Anda membutuhkan vitamin K untuk membantu membentuk protein yang diperlukan untuk membuat tulang dan jaringan sehat serta untuk membantu pembekuan darah Anda dengan benar.

Itulah sederet manfaat dari mentimun untuk mendapatkan vitamin lewat konsumsi airnya yang menyegarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×