kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 9 Jenis Sayuran Mentah yang Aman untuk Ibu Hamil beserta Risikonya


Senin, 22 Januari 2024 / 15:12 WIB
Ini 9 Jenis Sayuran Mentah yang Aman untuk Ibu Hamil beserta Risikonya
ILUSTRASI. Ilustrasi sayuran mentah  

Penulis: Bimo Kresnomurti

Sayuran Mentah untuk Ibu Hamil - JAKARTA. Intip daftar rekomendasi sayuran mentah yang aman untuk ibu hamil. Ada beberapa jenis sayuran yang dapat dikonsumsi langsung seperti menjadi lalapan hingga campuran jus menyehatkan.

Sayuran mentah merupakan opsi sayuran yang dikonsumsi tanpa melalui proses memasak atau pemanasan. Mengonsumsi sayuran mentah selama kehamilan dapat memberi bayi Anda nutrisi penting yang sedang berkembang.

Namun, penting untuk menyadari potensi risiko keamanan pangan terkait dengan mengonsumsi sayuran mentah.

Buah dan sayur mentah berisiko terkontaminasi bakteri atau toksoplasma, parasit yang hidup pada buah dan sayur yang tidak dicuci. Risiko Toksoplasma sangat berbahaya bagi wanita hamil dan bayinya yang belum lahir.

Baca Juga: Simak, Syarat Terbang Ibu Hamil Citilink, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Lion Air

Sebagai contoh, laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, sekitar 400-4000 kasus toksoplasmosis kongenital per tahun. Angka ini sangat rendah, namun tetap merupakan kondisi yang serius jika tertular.

Risiko makan sayur mentah

Sayuran

Meskipun sayuran mentah memiliki manfaat nutrisi yang tinggi, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan:

  • Kontaminasi Bakteri dan Mikroba: Sayuran mentah dapat terkontaminasi oleh bakteri seperti E. coli, Salmonella, atau parasit seperti Cryptosporidium. Kontaminasi ini dapat terjadi selama pertumbuhan, panen, pengolahan, atau penyimpanan sayuran.
  • Sulit Dicerna: Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan mencerna sayuran mentah karena serat kasarnya. Ini dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung, gas, atau masalah pencernaan lainnya, terutama bagi individu yang memiliki gangguan pencernaan tertentu.
  • Absorpsi Nutrisi yang Tidak Optimal: Meskipun sayuran mentah kaya akan nutrisi, beberapa nutrisi tertentu dapat lebih mudah diserap oleh tubuh ketika sayuran telah dimasak. Misalnya, pemanasan dapat meningkatkan ketersediaan nutrisi seperti likopen dalam tomat.
  • Peningkatan Risiko Keracunan Makanan: Sayuran mentah, terutama yang disajikan dalam salad, dapat menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri jika tidak disimpan atau dicuci dengan benar. Risiko keracunan makanan dapat meningkat jika sayuran mentah terkontaminasi dan tidak diolah dengan hati-hati.
  • Potensi Alergi: Beberapa ibu hamil mungkin memiliki alergi terhadap sayuran tertentu, dan mengonsumsinya mentah dapat meningkatkan risiko reaksi alergi. Misalnya, beberapa orang alergi terhadap mentimun atau wortel.
  • Keberadaan Zat Antinutrisi: Beberapa sayuran mentah mengandung zat antinutrisi seperti oksalat atau fitat. Zat-zat ini dapat menghambat penyerapan beberapa nutrisi dalam tubuh dan dalam jumlah besar dapat memiliki efek negatif pada kesehatan.

Untuk itu, ada beberapa sayuran mentah yang aman untuk ibu hamil. Pastikan Anda selalui memahami cara mengonsumsinya dengan baik dan benar seperti dicuci dengan bersih dan dipotong dengan sempurna.

Berikut ini daftar sayuran mentah yang aman untuk ibu hamil dilansir dari laman The Prenatal Nutrition.

Baca Juga: Dosis Asam Folat Harian Buat Ibu Hamil dan Kesehatan, Manfaat, & Efek Sampingnya

1. Wortel

Sayuran Wortel mengandung beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan dan pertumbuhan sel tubuh, dan mendukung perkembangan mata dan kulit bayi.

Tentu, Anda bisa konsumsi wortel untuk dimasukkan ke dalam menu jus bersama buah lainnya dalam keadaan mentah.

2. Brokoli

Kebutuhan Asam Folat dan Vitamin K dapat dipenuhi dengan konsumsi brokoli. Ini merupakan sumber asam folat yang penting untuk mencegah kelainan tabung saraf pada bayi.

Selain itu, brokoli kaya akan vitamin K, yang berperan dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang. Anda bisa mencampurkan brokoli ke dalam jus buah favorit Anda.

3. Daun Seledri

Sayuran mentah yang aman untuk ibu hamil lainnya adalah Seledri. Seledri mengandung serat yang membantu melawan sembelit dan menjaga pencernaan ibu hamil.

Kandungan Kalium dalam seledri membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan.

4. Kacang Hijau

Asam Folat dan Protein: Kacang hijau merupakan sumber asam folat dan protein, yang diperlukan untuk perkembangan sel dan jaringan bayi. Asam folat juga melindungi dari kelainan tabung saraf.

5. Timun Jepang

Timun Jepang memiliki kandungan air tinggi, memberikan hidrasi tambahan untuk ibu hamil. Serat dalam timun juga mendukung pencernaan yang sehat.

6. Paprika

Paprika, terutama yang berwarna cerah, kaya akan vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam paprika melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

7. Kubis

Kemudian, sayuran mentah seperti kubis juga mengandung Serat dan Vitamin C. Kubis mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan vitamin C yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

8. Asparagus

Asparagus mengandung folat yang mendukung perkembangan janin dan mencegah kelainan tabung saraf. Serat dalam asparagus juga membantu menjaga pencernaan yang sehat.

9. Kubis Jenis Sawi

Kubis jenis sawi mengandung serat dan zat besi. Zat besi membantu menghindari anemia, yang dapat sering terjadi pada ibu hamil.

Setiap sayuran memberikan kontribusi unik dalam menyediakan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan. Penggabungan berbagai sayuran dalam diet sehari-hari membantu memastikan ketersediaan berbagai nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan ibu dan perkembangan bayi dengan optimal.

Itulah penjelasan terkait rekomendasi sayuran mentah yang aman untuk ibu hamil sehingga bisa masuk ke menu harian Anda.

Selanjutnya: Kode Redeem Genshin Impact Januari 2024, ini yang Masih Aktif Setelah Livestream 4.4

Menarik Dibaca: 5 Perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×