kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini Alasan Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan


Kamis, 29 Februari 2024 / 11:13 WIB
Ini Alasan Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan
ILUSTRASI. Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan.

Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

AIR PUTIH MENURUNKAN BERAT BADAN - Sudah bukan rahasia jika air putih memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, benarkah minum air putih bisa menurunkan berat badan?

Air putih punya banyak manfaat, termasuk mencukupi kebutuhan cairan, memelihara kesehatan kulit dari proses penuaan, dan mendukung metabolisme.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Ini Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Namun, apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan?

Ternyata minum air putih dapat mengontrol dan menurunkan berat badan.

Pasalnya, konsumsi air putih bisa memberi efek kenyang sehingga mencegah kebiasaan makan berlebihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan, simak penjelasan berikut.

Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan?  

Ya, minum air putih bisa menurunkan berat badan maupun mempertahankan bobot ideal yang sudah Anda miliki.

Pasalnya, air putih adalah minuman bebas kalori sehingga tidak mengakibatkan kelebihan kalori yang memicu kenaikan berat badan.

Itu sebabnya, air putih menjadi pilihan minuman terbaik setelah makan, dibanding es teh manis, jus buah dengan tambahan gula, maupun minuman berenergi.

Ahli diet Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD kepada Eat This Not That juga menjelaskan, minum air putih umumnya dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah makan bahkan dapat membuat seseorang mengurangi asupan makanan tinggi kalori karena sudah tidak terlalu lapar.

Efek kenyang yang lebih lama setelah minum air putih juga dapat mencegah keinginan menyantap camilan atau kudapan manis setelah konsumsi makanan utama.

Minum air putih juga penting dalam menunjang aktivitas fisik yang optimal sehingga otomatis dapat berkontribusi pada proses pembakaran kalori tubuh untuk menurunkan maupun mencegah kenaikan berat badan.

Berapa banyak air putih yang diminum untuk menurunkan berat badan?

Tidak ada patokan khusus mengenai jumlah air putih untuk menurunkan berat badan.

Kebutuhan air putih untuk menurunkan berat badan dapat berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Namun dikutip dari Healtline, penelitian menunjukkan bahwa minum air putih sebanyak 1-2 liter per hari bisa membantu menurunkan berat badan.

Cara minum air putih untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan sebelum makan, setelah makan, dan setelah beraktivitas.

Beberapa riset menujukkan, minum air putih sebanyak dua gelas atau 500 ml sebelum makan bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan karena membuat perut lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Meskipun minum air putih bisa untuk menurunkan berat badan, Anda tidak dianjurkan konsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan keracunan air.

Konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui takaran air putih yang aman untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Catat Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Ada 8 Hal

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya", 





 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×