kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah 5 Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Sinusitis


Senin, 06 Mei 2024 / 16:45 WIB
Inilah 5 Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Sinusitis
ILUSTRASI. Inilah 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penderita Sinusitis

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh individu yang menderita sinusitis. Menahan diri dari konsumsi makanan-makanan tertentu ini dapat membantu mengurangi gejala yang mengganggu bagi penderita.

Sinusitis adalah kondisi di mana dinding-dinding sinus, yaitu rongga udara di dalam tulang wajah, mengalami peradangan dan pembengkakan.

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mengganggu aliran udara dan lendir di dalam sinus, yang kemudian menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Gejala sinusitis dapat mencakup hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri pada bagian wajah, serta produksi lendir yang berlebihan.

Baca Juga: 6 Langkah Cara Mengatasi Mimisan dan Penyebabnya

Penyebab sinusitis sendiri dapat bervariasi, mulai dari alergi hingga kelainan struktural pada hidung.

Penyebab sinusitis

Sinusitis

Berikut ini beberapa penyebab sinusitis secara umum

  • Infeksi Saluran Pernapasan Atas: Kondisi ini terjadi saat tubuh terinfeksi oleh infeksi virus, seperti flu atau pilek, sering kali menjadi pemicu sinusitis. Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi sinus, terutama jika kondisi tidak membaik setelah beberapa minggu.
  • Alergi: Tubuh yang bereaksi terhadap alergen seperti serbuk sari, debu, bulu hewan, atau iritasi lainnya dapat merangsang peradangan di saluran sinus. Sehingga ini dapat menyebabkan sinusitis alergi.
  • Polip Hidung: Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan yang bisa menghalangi saluran sinus dan menyebabkan peradangan kronis.
  • Perubahan Tekanan Udara: Perubahan tekanan udara yang cepat, seperti yang terjadi saat bepergian dengan pesawat atau menyelam, dapat menyebabkan masalah sinus dan memicu sinusitis.
  • Anomali Struktural: Deviasi septum hidung atau kelainan struktural lainnya dalam rongga hidung dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan infeksi.

Pantangan makanan saat sinusitis

Simak beberapa daftar pantangan atau makanan yang dihindari oleh penderita sinusitis dilansir dari Aentas Associates.

1. Produk Susu

Ketika mengalami sinusitis, lendir yang menebal dapat menyebabkan berbagai masalah sinus yang mengganggu. Produk susu secara alami dapat meningkatkan kekentalan lendir, yang berpotensi memperparah kondisi sinus.

Sebaiknya, kurangi konsumsi produk susu untuk menghindari memperburuk kondisi ini.

2. Gula Rafinasi

Gula, terutama gula rafinasi, dikenal sebagai pemicu peradangan dan dapat meningkatkan pembengkakan saat dikonsumsi. Konsumsi gula saat sinus bengkak dapat memperburuk gejala dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Donat Ubi Ungu

3. Cokelat

Banyak makanan manis mengandung gula rafinasi, termasuk cokelat dan sebagian besar permen lainnya. Saat mengalami masalah sinus, perlu waspada terhadap makanan manis karena dapat memperburuk gejala.

4. Makanan yang Mengandung Histamin

Sejumlah makanan umum, seperti keju dan daging olahan, mengandung histamin dalam kadar yang signifikan. Karena sinus merupakan area sensitif dalam tubuh, histamin dapat memperparah kondisi jika dikonsumsi dalam jumlah besar, menimbulkan reaksi yang ringan seperti alergi.

5. Makanan Mengandung Gluten

Meskipun banyak orang dapat mengonsumsi gluten tanpa masalah, makanan ini dapat memperburuk kondisi sinusitis. Zat gluten dapat menyebabkan hidung tersumbat atau pilek, yang sebaiknya dihindari saat mengalami masalah sinus.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari konsumsi gluten saat mengalami peradangan sinus.

Gejala sinusitis bisa bervariasi, mulai dari hidung tersumbat, pilek, nyeri wajah, hingga demam dan sakit kepala. Apabila gejala berlanjut atau semakin parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itulah penjelasan terkait makanan perlu dibatasi oleh penderita sinusitis agar tidak kumat kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×