kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Kentut Bau Busuk


Rabu, 01 Mei 2024 / 13:11 WIB
Inilah 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Kentut Bau Busuk
ILUSTRASI. 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Kentut Bau Busuk

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Identifikasi makanan yang menyebabkan bau kentut yang tidak sedap yang perlu dihindari. Normalnya, mengeluarkan gas merupakan bagian dari proses pencernaan yang alami dan sehat.

Gas yang dihasilkan dari saluran pencernaan dapat memiliki bau yang tidak sedap disebabkan oleh komponen-komponen kimia tertentu.

Proses pengeluaran gas, termasuk nitrogen, oksigen, karbon dioksida, metana, hidrogen sulfida, dan senyawa lainnya dari sistem pencernaan, adalah hal yang normal.

Bau yang tidak sedap pada kentut terutama disebabkan oleh senyawa-senyawa sulfur, seperti hidrogen sulfida dan metil merkaptan, yang memiliki aroma yang tajam dan tidak sedap.

Baca Juga: Ada Bawang Putih, Ini 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Jenis makanan dapat memengaruhi bau kentut

Buang Angin

Makanan seperti bawang, bawang putih, kubis, kacang-kacangan, dan makanan dengan kandungan sulfur tinggi dapat meningkatkan produksi senyawa sulfur dalam saluran pencernaan.

Selama proses pencernaan, bakteri dalam sistem pencernaan mencerna makanan yang tidak dicerna sepenuhnya, menghasilkan gas tertentu, termasuk senyawa sulfur, yang dapat menyebabkan bau tidak sedap pada kentut.

Kondisi medis seperti gangguan pencernaan, intoleransi makanan, atau infeksi usus, juga dapat meningkatkan produksi gas dan menyebabkan bau kentut yang tidak sedap.

Simak beberapa informasi terkait makanan penyebab bau kentut tidak sedap dilansir dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: 4 Jus Buah untuk Mengobati Sembelit dan Melancarkan Pencernaan

1. Sayuran kucifer

Saat memasak brokoli di atas kompor mengeluarkan bau tidak sedap karena kandungan sulfurnya yang tinggi. Sehingga saat makanan itu masuk ke sistem pencernaan bisa memicu gas buang angin menjadi tidak sedap.

Selain kubis, sayuran kucifer lain seperti kubis Brussel, kembang kol, dan kubis, dan lain-lain bisa menjadi penyebabnya.

2. Makanan tinggi sulfur

Makanan berikut mengandung cukup sulfit untuk menarik perhatian dengan menambahkan rasa tertentu pada kentut. Makanan tersebut antara lain telur, bawang putih, biji-bijian, hingga daging.

Selain itu ada juga bubuk protein yang digunakan oleh atlet atau orang yang ingin menurunkan berat badan juga dapat menyebabkan perut kembung.

3. Produk susu dan minuman manis

Intoleransi atau kepekaan terhadap laktosa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kentut yang cukup menyengat.

Tubuh Anda tidak dapat sepenuhnya menyerap banyak pemanis rendah kalori dalam produk diet, sehingga meninggalkannya di usus. Sehingga menjadi salah satu penyebab kentut bau.

Minum susu

4. Kacang polong

Ada alasan mengapa kacang mendapat label sebagai sayuran yang memiliki karbohidrat tinggi. Banyak kacang-kacangan yang penuh dengan karbohidrat dan gula yang tidak mudah dicerna.

Tubuh akan menguraikan makanan kaya serat ini dapat sehingga menimbulkan fermentasi dan penumpukan gas di usus. Seringkali menimbulkan buang angin dengan suara keras dan bau tidak sedap.

5. Makanan asam dan pedas

Salah satu penyebab kentut bau berhubungan dengan konsumsi makanan pedas. Hal ini karena makanan pedas tidak dapat diproses dengan baik.

Selain itu, makanan pedas menyebabkan gas berlebih sehingga perut kembung dan mudah untuk membuang angin atau kentut.

Penting untuk diingat bahwa produksi gas dan bau kentut adalah bagian normal dari proses pencernaan manusia.

Apabila Anda merasa bahwa kentut yang sangat bau atau terdapat perubahan drastis dalam pola kentut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Itulah beberapa informasi terkait makanan yang menjadi penyabab kentut berbau busuk agar dibatasi konsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×