kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah 6 Makanan untuk Melebatkan Rambut Hitam secara Alami


Rabu, 06 Maret 2024 / 10:47 WIB
Inilah 6 Makanan untuk Melebatkan Rambut Hitam secara Alami
ILUSTRASI. Rambut pria

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami cara menutrisi rambut agar hitam secara alami. Kondisi rambut lebat tak hanya indah dipandang, tapi juga menandakan tubuh yang terpenuhi nutrisinya.

Rambut lebat menunjukkan pertumbuhan rambut yang tebal, kuat, dan sehat, terpenuhi oleh berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Oleh karena itu, rambut yang sehat menjadi indikator bahwa tubuh mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Salah satu nutrisi penting untuk kesehatan rambut adalah melanin, yang bertanggung jawab atas warna rambut.

Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah melanosit yang memproduksi melanin menurun, sehingga kadar melanin di rambut berkurang. Hal ini menyebabkan rambut memutih secara alami.

Baca Juga: Ini 13 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Kolesterol

Rambut patah dan kering

Vitamin D juga menjadi salah satu nutrisi penting yang merangsang melanogenesis (produksi melanin). Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan vitiligo, suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya pigmen alami pada rambut dan kulit.

Nutrisi bagus untuk kesehatan rambut

Sehingga Anda bisa memenuhi nutrisi lainnya pada daftar berikut ini. Ini beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk rambut yang sehat dan lebat.

  • Protein: Rambut terutama terdiri dari protein keratin. Keratin adalah protein utama yang membentuk struktur rambut. Oleh karena itu, asupan protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Protein yang cukup akan membantu memperkuat rambut dan mencegah kerusakan serta kerontokan.
  • Zat Besi: Zat ini merupakan mineral penting yang diperlukan untuk transportasi oksigen ke folikel rambut. Folikel rambut membutuhkan oksigen untuk proses pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan zat besi dapat mengganggu proses ini dan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.
  • Vitamin A: Vitamin memiliki peran penting dalam produksi sebum, yaitu minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala. Sebum membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala serta melindungi rambut dari kerusakan akibat faktor eksternal seperti polusi dan sinar UV.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Sirkulasi darah yang baik akan membantu memperkuat folikel rambut dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, vitamin E juga membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin C: Vitamin C memiliki peran penting dalam penyerapan zat besi oleh tubuh. Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, protein yang membawa oksigen dalam darah. Oksigen yang cukup akan membantu folikel rambut untuk melakukan proses pertumbuhan yang optimal. Selain itu, vitamin C juga mendukung produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit.
  • Biotin (Vitamin H): Biotin adalah vitamin B kompleks yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut yang sehat. Biotin membantu memperkuat struktur rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang kuat dan berkilau.
  • Asam Folat (Vitamin B9): Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang penting untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh, termasuk sel-sel rambut. Asam folat membantu menjaga kesehatan folikel rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Omega-3 Asam Lemak: Asam lemak omega-3 memiliki sifat antiinflamasi dan membantu menjaga kulit serta folikel rambut tetap sehat. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko kerontokan rambut dan meningkatkan kilau alami rambut.
  • Baja (Zinc): Baja merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan protein keratin. Keratin adalah komponen utama dari struktur rambut yang membantu memperkuat rambut dan menjaga kesehatannya. Kekurangan baja dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah. 

Oleh karena itu, asupan yang cukup dari vitamin dan mineral ini sangat penting untuk kesehatan rambut yang optimal. Anda wajib cek daftar makanan yang menyehatkan rambut agar lebih lebat dilansir dari Vedix.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Kering setelah Mandi beserta Penyebabnya

Makanan yang Melebatkan Rambut

1. Makanan Kaya Zat Besi

Kandungan zat besi dalam makanan berperan penting dalam meningkatkan produksi melanin pada rambut. Sumber-sumber makanan yang kaya akan zat besi meliputi sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, polong-polongan, brokoli, quinoa, tahu, coklat hitam, berbagai jenis ikan, pisang, tomat, kedelai, lentil, kacang-kacangan, serta biji-bijian seperti jambu mete, kacang tanah, biji rami, dan biji labu.

2. Makanan yang Mengandung Tembaga

Kekurangan tembaga dapat mengurangi produksi melanin, yang dapat memengaruhi kesehatan rambut. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung tembaga secara teratur, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, ubi jalar, buncis, coklat hitam, alpukat, dan lain sebagainya.

3. Katalase untuk Kesehatan Rambut

Katalase merupakan enzim antioksidan yang berperan dalam mencegah pertumbuhan uban dan membantu mengembalikan warna alami rambut. Makanan yang kaya akan katalase meliputi brokoli, bawang bombay, lobak, mentimun, zucchini, kol merah, apel, pir, anggur, taoge, lentil, dan lain sebagainya.

4. Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi tidak hanya membantu meningkatkan produksi melanin pada rambut, tetapi juga melindungi kulit kepala dan sel-sel induk rambut dari kerusakan oksidatif.

Beberapa contoh makanan kaya antioksidan termasuk kacang-kacangan, blueberry, sayuran berdaun hijau, artichoke, coklat hitam, dan lain-lain.

5. Sumber Vitamin A, C & E

Vitamin A, C, dan E sangat penting untuk produksi melanin pada rambut dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Makanan seperti keju, ikan berlemak, susu, telur, yogurt, daging, buah jeruk, brokoli, kubis brussel, beri, merica, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, dan biji-bijian sehat lainnya merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin-vitamin tersebut.

6. Khasiat Vitamin B6 & B12

Vitamin B6, atau piridoksin, berperan dalam memicu reaksi kimia di folikel rambut untuk menghasilkan enzim yang mendukung regenerasi sel melanin dan keratin. Makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain susu, oat, pisang, kacang tanah, daging babi, unggas, kacang kedelai, serta sumber makanan lainnya.

Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga dikaitkan dengan rambut beruban prematur, yang dapat diatasi dengan menjaga asupan makanan yang kaya akan vitamin ini, seperti susu, telur, daging, dan produk-produk olahan dari kedua bahan tersebut.

Penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat dengan tidur yang cukup, minum air secukupnya, dan mengurangi stres berlebihan, karena semua faktor tersebut dapat memengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Itulah sederet informasi terkait daftar makanan yang menyehatkan rambut sehingga bisa mencegah rambut tidak lebat.

Selanjutnya: Apa Manfaat Lobak Bagi Kesehatan? Simak 8 Hal Ini

Menarik Dibaca: Jelang Ramadan, Blibli Hadirkan Promo Double Day 3.3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×