kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Ketiak Gatal dan Tips Perawatan


Kamis, 01 Februari 2024 / 13:22 WIB
Inilah 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Ketiak Gatal dan Tips Perawatan
ILUSTRASI. Bahan Alami untuk Mengatasi Ketiak Gatal dan Tips Perawatan

Penulis: Bimo Kresnomurti

Mengatasi Ketiak Gatal - JAKARTA. Berikut adalah alasan ketiak dapat menjadi gatal dan solusinya. Kondisi tidak nyaman pada ketiak bisa muncul seiring pertumbuhan rambut di area tersebut.

Ketiak yang gatal merujuk pada ketidaknyamanan atau iritasi kulit di daerah ketiak, dapat terjadi akibat berbagai faktor.

Adanya reaksi alergi, iritasi kulit, infeksi jamur atau bakteri, produksi keringat berlebihan, penggunaan deodoran atau antiperspiran yang mengandung bahan kimia tertentu, atau penyebab lainnya.

Penting untuk memahami penyebab ketiak yang gatal dan tidak nyaman guna mengetahui cara mengatasinya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi dan Waktu yang Tepat untuk ke Dokter

Lemak ketiak

Penyebab ketiak gatal

Ada sederet penyebab yang berkaitan dengan kondisi kulit hingga infeksi lainnya.

  • Candida adalah jamur yang tumbuh di lingkungan hangat dan lembab seperti ketiak. Kelebihan berat badan, menderita diabetes, atau penggunaan antibiotik baru-baru ini dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi kulit ini.
  • Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut . Ini terjadi ketika bakteri (biasanya staphylococcus aureus) masuk ke dalam folikel rambut, menyebabkan peradangan dan nanah. Bakteri masuk melalui kulit yang terbuka dan bahkan dapat hidup pada pisau cukur yang sudah tua. Ini bisa sangat gatal dan/atau menyakitkan.
  • Dermatitis kontak merupakan gejala kulit menjadi merah dan gatal setelah kontak dengan zat yang membuat Anda alergi. Ini bisa berupa wewangian dari sabun mandi, sabun, atau deterjen, atau bahkan logam dari pisau cukur.
  • Psoriasis adalah kelainan autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang sel kulit sehatnya sendiri. Hal ini menyebabkan kulit merah menebal dan bersisik yang sangat gatal. Psoriasis sering terjadi pada kulit kepala, lutut, dan siku, namun sering terjadi pada ketiak.

Baca Juga: Tips Jitu Mengatasi Masalah Bau Badan dengan Bahan Alami dan Cara Memakainya

Kandungan aluminium pada Deodoran

Penggunaan deodoran aluminium telah menjadi subjek perdebatan dan penelitian terkait dampak kesehatannya. Beberapa potensi bahaya yang dikaitkan dengan penggunaan deodoran aluminium adalah sebagai berikut:

  • Penyerapan Aluminium: Kulit adalah organ yang dapat menyerap bahan-bahan tertentu. Aluminium yang digunakan dalam deodoran dapat diserap oleh kulit, dan ini menyebabkan kekhawatiran tentang penumpukan aluminium di tubuh.
  • Keterkaitan dengan Kanker: Beberapa penelitian awal telah mengaitkan penggunaan deodoran aluminium dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker lainnya. Namun, penelitian ini masih kontroversial dan belum menyimpulkan secara pasti bahwa aluminium dalam deodoran secara langsung menyebabkan kanker.
  • Gangguan Hormonal: Aluminium dapat memiliki efek pada sistem endokrin atau hormonal, meskipun dampak ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.
  • Irritasi Kulit: Beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit atau reaksi alergi terhadap aluminium yang terdapat dalam deodoran.

Untuk itu, Anda bisa meredakan rasa gatal tersebut dengan ramuan bahan alami berikut ini.

Cara mengatasi ketiak gatal

Simak daftar bahan alami yang dapat membantu mengatasi ketiak gatal dilansir dari Healthline.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan pelembap yang dapat membantu mengatasi iritasi kulit. Oleskan sedikit minyak kelapa pada daerah ketiak yang gatal dan biarkan meresap.

2. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat anti-gatal dan antiinflamasi. Campurkan sejumlah kecil baking soda dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada area ketiak yang gatal. Bilas setelah beberapa menit. Penggunaan baking soda dapat dilakukan secara rutin dengan jeda lebih dari 24 jam.

3. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki efek penyejuk dan dapat membantu mengurangi gatal serta peradangan kulit. Oleskan gel segar lidah buaya pada daerah yang gatal dan biarkan mengering sebelum dibilas.

4. Daun Mint

Menyertakan daun mint yang sudah ditumbuk atau jus mint segar pada daerah ketiak yang gatal dapat memberikan sensasi dingin yang dapat meredakan rasa gatal.

5. Madu Murni

Madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi gatal. Oleskan madu secukupnya pada daerah yang gatal dan biarkan beberapa waktu sebelum dibilas.

6. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi kulit yang bisa menyebabkan gatal. Pastikan untuk melarutkan minyak tea tree dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa sebelum mengaplikasikannya pada kulit untuk menghindari iritasi.

7. Cuka Apel

Cuka apel memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi masalah kulit, termasuk gatal pada ketiak. Anda dapat mengompres perlahan cuka apel dengan kapas pada daerah yang gatal dan kemudian mengeringkannya.

Selain itu, hindari menggaruk area yang gatal, karena ini bisa memperparah masalah dan menyebabkan luka. Itulah beberapa penjelasan informasi terkait cara mengatasi ketiak gatal beserta beberapa kemungkinan penyebabnya.

Selanjutnya: Bersaing dengan Kereta Cepat Whoosh, Ini Strategi Weha Transporasi (WEHA)

Menarik Dibaca: Cara Mengatasi iPhone Lemot saat Digunakan, Ikuti Tips yang Bisa Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×