kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%
AKTUAL /

Inilah 9 Makanan untuk Menjaga Skin Barrier Kulit Wajah


Selasa, 02 April 2024 / 11:18 WIB
Inilah 9 Makanan untuk Menjaga Skin Barrier Kulit Wajah
ILUSTRASI. Ubi jalar

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali makanan untuk memperbaiki skin barrier dengan efektif. Kondisi kulit wajah yang bermasalah bisa saja ditimbulkan dari rusaknya skin barrier.

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai pelindung alami tubuh. Lapisan ini terdiri dari beberapa sel yang tersusun rapat dan bertindak sebagai perisai terhadap berbagai zat berbahaya dari luar.

Ini termasuk lapisan paling luar kulit, yang disebut stratum corneum, stratum granulosum, dan stratum spinosum di bawahnya.

Tentunya, Skin barrier memiliki beberapa fungsi yang bisa berpengaruh pada penampilan kulit wajah.

Fungsi Skin Barrier:

  • Mencegah hilangnya air dari dalam tubuh, sehingga kulit tetap lembap.
  • Melindungi dari bakteri, virus, alergen, dan polutan.
  • Mengatur suhu tubuh.
  • Melindungi dari sinar UV matahari.
  • Memberikan kekuatan struktural pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Ketika skin barrier rusak, berbagai masalah kulit dapat muncul, seperti Kulit kering dan bersisik, Eksim dan dermatitis, Jerawat, Kulit sensitif, dan Rosacea.

Kerusakan Skin barrier dapat terjadi akibat berbagai faktor seperti paparan lingkungan yang keras, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang keras, perubahan hormon, stres, atau kondisi kulit tertentu.

Makanan untuk memperbaiki Skin barrier

paprika

Kondisi Skin barrier yang rusak bisa menyebabkan kulit menjadi kering, meradang, gatal, dan sensitif, dan dapat meningkatkan risiko infeksi serta masalah kesehatan kulit lainnya.

Pastikan memerlukan perawatan yang memadai dengan produk beserta konsumsi makanan sehat berikut ini.

Catat makanan untuk memperbaiki Skin barrier yang bisa dikonsumsi selama masa perawatan dirangkum dari laman Oneskin.

Baca Juga: Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting

1. Alpukat

Alpukat adalah pilihan makanan yang tepat ketika Anda membutuhkan asupan lemak sehat dan nutrisi anti-inflamasi. Studi terhadap 700 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan kelembutan dan elastisitas kulit.

Senyawa dalam alpukat juga dapat memberikan perlindungan dari paparan sinar UV. Lemak esensialnya membantu mempertahankan elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap lembut.

2. Kacang Kenari

Seperti salmon, kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Mengandung seng, selenium, dan vitamin E, kacang kenari dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Kacang kenari dapat digunakan sebagai topping yang renyah dan kaya nutrisi untuk berbagai hidangan, termasuk salad salmon yang lezat dengan alpukat untuk makan siang yang sehat dan memuaskan.

3. Paprika Merah atau Kuning

Paprika merah atau kuning mengandung beta karoten yang banyak, yang akan diubah menjadi vitamin A setelah dikonsumsi oleh tubuh. Selain itu, paprika ini kaya akan vitamin C, yang dibutuhkan untuk produksi kolagen dalam tubuh.

Dengan menambahkan paprika yang telah dicincang ke dalam salad dengan alpukat, biji bunga matahari, dan mungkin juga tomat bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin C serta karotenoid seperti likopen, yang memberi warna merah pada buah tersebut. Beta karoten, likopen, dan lutein dalam tomat bekerja bersama-sama untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu mencegah kerutan.

5. Ikan Berlemak

Ikan yang kaya lemak ini mengandung tingkat asam lemak omega-3 yang tinggi, membantu mengurangi peradangan, yang kekurangan omega-3 bisa mengakibatkan kulit menjadi kering.

Ikan berlemak juga mengandung lemak berkualitas tinggi, vitamin E (sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kulit), dan protein. Mengolah ikan secara menyeluruh dan menyajikannya dengan salad hijau yang dicampur dengan alpukat dan kenari dapat menjadi pilihan makan siang yang bermanfaat untuk menguatkan lapisan kulit.

6. Ubi Jalar

Warna oranye pada ubi jalar menunjukkan profil nutrisi yang kaya karena mengandung beta karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A setelah dikonsumsi.

Ubi jalar dapat disertakan bersama labu dan wortel untuk tambahan vitamin A. Ubi jalar panggang dapat dinikmati sebagai sampingan bersama porsi protein sehat dan salad berisi sayuran hijau, tomat, kenari, dan paprika.

7. Brokoli

Brokoli merupakan makanan super yang kaya akan seng, vitamin A, dan vitamin C, yang semuanya membantu menjaga kesehatan kulit dan memberikan kilau alami. Seperti tomat, brokoli juga mengandung lutein, yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit kering.

8. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari dapat disertakan dalam hidangan seperti salad untuk meningkatkan asupan vitamin E, selenium, seng, dan protein, yang penting untuk memelihara lapisan kulit. Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan nutrisi yang baik untuk kulit yang sehat.

9. Teh Hijau

Teh hijau, yang kaya akan antioksidan, tidak hanya baik untuk kesehatan umum, tetapi juga bermanfaat bagi kulit. Katekin dalam teh hijau melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi kemerahan akibat sinar matahari dan meningkatkan kelembapan, kehalusan, ketebalan, dan elastisitas kulit.

Dari sederet makanan yang bisa memperbaiki skin barrier tentu bisa dikonsumsi seiring perawatan agar kulit lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

×