kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik


Kamis, 21 Maret 2024 / 09:44 WIB
Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik
ILUSTRASI. Kubis merah

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kubis merah untuk kesehatan adalah salah satu hal yang menarik diketahui. Untuk bisa mendapatkan manfaat kubis merah secara maksimal cara mengolah dan mengkonsumsinya juga perlu diperhatikan.

Kubis merah, atau sering juga disebut sebagai red cabbage dalam bahasa Inggris, adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat kesehatan. 

Warna merah muda atau ungu pada kubis merah menunjukkan kehadiran senyawa fitokimia yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan, Cek 7 Hal Menarik Ini

Melansir dari Healthline, kubis merah dapat mengurangi peradangan, jantung lebih sehat, tulang lebih kuat, peningkatan fungsi usus, dan mungkin menurunkan risiko kanker tertentu.

Lebih detailnya, berikut beberapa manfaat kubis merah untuk kesehatan:

Kaya Antioksidan

Kubis merah mengandung antioksidan yang kuat, seperti antosianin, vitamin C, dan flavonoid. Antioksidan-antioxidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan, Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

Menurunkan Risiko Kanker

Antosianin, senyawa yang memberi warna merah muda pada kubis merah, telah terbukti memiliki efek anti-kanker. Mereka dapat membantu melindungi tubuh dari perkembangan tumor dan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kubis merah secara teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara, prostat, dan kolorektal.

Mendukung Kesehatan Jantung

Kubis merah mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kubis merah juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Obat Diare Anak Anak Alami yang Patut Untuk Dicoba

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang tinggi dalam kubis merah penting untuk kesehatan mata. Ini membantu menjaga penglihatan Anda dan melindungi mata dari berbagai masalah mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kubis merah adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah nutrisi penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kubis merah mengandung vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam penyerapan kalsium dan memastikan bahwa kalsium diposisikan dengan benar dalam tulang, yang dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Baca Juga: 10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Mendukung Pencernaan

Kubis merah mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko penyakit pencernaan, dan memastikan pencernaan yang sehat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×