kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah Standar Trigliserida Normal Pria & Wanita, Konsumsi Makanan Ini Jika Tinggi


Jumat, 01 Maret 2024 / 13:13 WIB
Inilah Standar Trigliserida Normal Pria & Wanita, Konsumsi Makanan Ini Jika Tinggi
ILUSTRASI. Standar normal trigliserida dalam tubuh

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Standar Trigliserida Normal - Jakarta. Kenali standar trigliserida normal pada laki-laki dan wanita. Jika kadar trigliserida dalam tubuh di atas normal, konsumsi sejumlah makanan penurun trigliserida berikut.

Trigliserida adalah jenis lemak yang terdapat pada tubuh manusia. Jumlah trigliserida dalam tubuh bisa tinggi atau rendah tergantung pola makan. Makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat adalah sumber utama trigliserida.

Trigliserida berfungsi sebagai cadangan energi ketika sumber energi utama (glukosa) telah terpakai. Namun, kadar trigliserida dalam tubuh tidak boleh terlalu tinggi. Kadar trigliserida tinggi bisa mengganggu kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu, berapa standar trigliserida normal laki-laki dan wanita?

Standar trigliserida normal

Diberitakan Kompas.com, Mayo Clinic menyebutkan trigliserida yang disimpan di sel adipose ini berfungsi sebagai cadangan energi ketika sumber energi utama yaitu glukosa telah terpakai. Meski punya manfaat dalam menunjang kerja tubuh, kadar trigliserida yang berlebihan dapat memicu penumpukan plak.

Plak tersebut mengakibatkan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah yang kemudian memicu penyakit kronis, seperti serangan jantung, stroke, perlemakan hati, dan pankreatitis. Untuk mencegah masalah kesehatan di atas, setiap individu perlu mengetahui berapa trigliserida yang normal.

Menurut Medical News Today, kadar trigliserida yang normal pada orang dewasa umumnya di bawah 150 mg/dl (setelah makan). Sementara, trigliserida yang normal saat puasa yaitu sekitar 90 mg/dl untuk orang dewasa dan anak usia di atas 10 tahun. Orang dewasa dikatakan memiliki kadar trigliserida tinggi apabila hasil tes darah menunjukkan nilai lebih dari 200 mg/dl.

Untuk anak-anak usia 10 tahun ke bawah, kadar trigliserida yang normal yaitu di bawah 75 mg/dl. Sementara, kadar trigliserida tinggi yaitu di atas 100 mg/dl.

Kemudian, untuk remaja usia 10-19 tahun, trigliserida yang normal di bawah 90 mg/dl. Remaja dinyatakan memiliki trigliserida yang tinggi jika kadarnya di atas 130 mg/dl.

Baca Juga: Gejala Jika Kadar Estrogen dalam Tubuh Rendah, Cek Juga Cara Mengatasinya

Makanan penurun trigliserida tinggi

Selain minum obat dan perubahan gaya hidup, ada sejumlah makanan penurun trigliserida tinggi. Diberitakan Kompas.com, Healthline menyebutkan sejumlah makanan penurun trigliserida.

Berikut sejumlah makanan penurun trigliserida tinggi:

  • Olahan kedelai

Makanan penurun trigliserida tinggi yang pertama adalah olahan kedelai. Kedelai mengandung senyawa khas tumbuhan atau fitronutrien yang disebut isoflavon yang dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dengan menurunkan trigliserida dan kolesterol. Karena itu, individu dengan trigliserida tinggi dianjurkan mengonsumsi olahan kedelai, seperti tempe dan natto.

  • Ikan berlemak

Makanan penurun trigliserida tinggi yang kedua adalah ikan berlemak seperti salmon, kembung, mackerel, dan sarden. Ikan berlemak mengandung salah satu jenis lemak sehat yaitu asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi kadar trigliserida, menurunkan kolesterol, mencegah peradangan, serta mendukung kesehatan usus dan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 menunjukkan bahwa sebanyak 38 peserta wanita yang mengonsumsi 750 gram ikan berlemak per minggu selama satu bulan, mengalami penurunan kadar trigliserida.

  • Buah alpukat

Makanan penurun trigliserida tinggi yang ketiga adalah buah alpukat. Alpukat adalah buah mengandung lemak dan kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Studi membuktikan bahwa konsumsi alpukat bisa menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Namun, penderita juga perlu menghindari makanan mengandung lemak jenuh, lemak trans, serta mengurangi asupan karbohidrat.

Lemak tak jenuh tunggal dari alpukat juga berperan dalam menurunkan kadar gula darah sehingga mencegah risiko sindrom metabolik yang memicu diabetes melitus dan penyakit jantung.

  • Quinoa

Makanan penurun trigliserida tinggi yang keempat adalah quinoa. Quinoa atau kinoa adalah biji-bijian yang kaya akan protein dan mineral. Quinoa dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan obesitas karena makanan ini bisa membantu menurunkan kadar trigliserida di dalam darah.

Penelitian menunjukkan bahwa partisipan lansia yang mengonsumsi biskuit quinoa setiap hari selama satu bulan mengalami penurunan kadar trigliserida. Meski penurunan trigliserida tidak signifikan, hal itu tetap baik bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Makanan untuk Menurunkan Trigliserida. Waspadai Efek Trigliserida Tinggi

  • Biji-bijian utuh

Makanan penurun trigliserida berikutnya yaitu biji-bijian utuh, termasuk oatmeal, soba, millet, dan barley. Anda dapat mengonsumsi biji-bijian utuh sebagai sereal yang dipadukan buah-buahan segar sebagai menu sarapan pagi yang baik untuk mengontrol kadar trigliserida.

  • Bawang putih

Makanan penurun trigliserida tinggi yang keenam adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti-hiperlipidemia yang artinya dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol.

Menurut penelitian, konsumsi bawang putih mentah maupun bubuk bawang putih dapat mengurangi kadar trigliserida secara signifikan sehingga baik dalam mencegah sindrom metabolik dan penyakit jantung.

  • Sayuran kucifer

Makanan penurun trigliserida tinggi yang ketujuh adalah sayuran kucifer. Sayuran kucifer, seperti brokoli, kembang kol kubis, kangkung, dan selada air bisa membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kadar trigliserida, serta mendukung metabolisme.

Itulah standar trigliserida normal dalam tubuh serta dan makanan penurun trigliserida. Mari jaga pola makan agar trigliserida tetap rendah.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×