kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Jangan Salah Pilih! Ini Camilan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat


Minggu, 21 Januari 2024 / 10:15 WIB
Jangan Salah Pilih! Ini Camilan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Kacang almond camilan yang aman dikonsumsi penderita asam urat.

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

CAMILAN UNTUK PENDERITA ASAM URAT - Penderita asam urat disarankan untuk selektif mengonsumsi makanan. Ini makanan ringan atau camilan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

Asam urat tinggi terjadi saat tubuh gagal mengeluarkan zat asam urat dari dalam tubuh, sehingga mengkristal dan mengendap di dalam persendian.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Mangga?

Penyakit asam urat disebabkan oleh gaya hidup buruk serta konsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebihan. 

Asam urat tinggi ditandai dengan bengkak dan kemerahan di salah satu persendian, serta rasa nyeri yang sangat menyakitkan. 

Penderita asam urat disarankan untuk selektif dalam mengonsumsi makanan. Sebab, makanan yang dimakan sehari-hari bisa mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. 

Ini camilan sehat yang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat: 

1. Yogurt rendah lemak 

Mengutip dari Our Every Day Life, yogurt rendah lemak bisa membantu menurunkan risiko asam urat. 

Anda sebaiknya mengonsumsi yogurt rendah lemak yang tidak diberikan gula tambahan. 

Anda bisa makan yogurt rendah lemak sekitar 8 ons per hari untuk mencegah asam urat tinggi. 

2. Kacang 

Kenari dan almond merupakan kacang yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

Kacang mengandung protein tanpa purin tinggi seperti daging. 

3. Roti bakar, crecker, dan karbohidrat lainnya

University of Pittsburgh Medical center menyebutkan makanan berkarbohidrat bisa membantu tubuh mengeluarkan asam urat ekstra dalam tubuh. 

Anda bisa mengonsum semangkuk sereal tanpa gula atau kerupuk serta roti yang terbuat dari gandum utuh. 

4. Buah dan sayuran segar 

Buah dan sayur merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh siapa saja tidak terkecuali penderita asam urat. 

Anda sebaiknya mengonsumsi sekitar dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari. 

Baca Juga: 6 Gejala Awal Radang Sendi yang Sering Diabaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

×