kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Daun Kemangi, Ada 9 Hal yang Menarik Diketahui


Jumat, 01 Maret 2024 / 14:28 WIB
Manfaat Daun Kemangi, Ada 9 Hal yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Kemangi - Banyak manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, manfaat daun kemangi juga telah teruji khasiatnya.

Melansir dari Medical News Today, daun kemangi menambah rasa pada makanan, dan nutrisinya dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti mengurangi stres oksidatif dan mendukung kesehatan jantung.

Daun kemangi, juga dikenal sebagai basil, adalah tanaman yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara karena aroma dan rasa uniknya. 

Baca Juga: Apa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan? Cek 5 Hal Ini

Selain memberikan sentuhan khas pada masakan, daun kemangi juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia, di antaranya:

Antioksidan

Daun kemangi mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

Baca Juga: Apa Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh? Simak 7 Hal Ini

Menyehatkan Jantung

Kandungan eugenol dalam daun kemangi diyakini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko pembekuan darah, mengendalikan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah.

Antiinflamasi

Daun kemangi memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis atau kondisi lain yang berkaitan dengan peradangan.

Menyegarkan Napas

Kemangi memiliki aroma yang menyegarkan dan sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bau mulut dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan C dalam daun kemangi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Menyokong Pencernaan

Daun kemangi juga memiliki kandungan serat yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan yang Wajib Dikonsumsi

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun kemangi penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Mengurangi Stres

Aroma daun kemangi telah dikaitkan dengan efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres serta meningkatkan suasana hati.

Meskipun daun kemangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk diingat bahwa manfaat ini bukanlah pengobatan tunggal untuk kondisi medis tertentu. Konsumsilah sebagai bagian dari pola makan seimbang dan konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran kesehatan yang spesifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×