kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Tidak Terduga


Jumat, 05 April 2024 / 15:21 WIB
Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Tidak Terduga
ILUSTRASI. Labu siam

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan - Manfaat labu siam untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat labu siam cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat labu siam secara maksimal.

Labu siam, juga dikenal sebagai chayote, adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini memiliki rasa yang ringan dan krispi, sering digunakan dalam berbagai masakan. 

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat labu siam untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi

Labu siam mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, dan serat. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin K mendukung kesehatan tulang, sedangkan vitamin B6 dan folat berperan dalam proses metabolisme tubuh.

Menyediakan Antioksidan

Buah ini juga mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam folat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Mendukung Kesehatan Jantung

Labu siam rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan kalium. Kalium membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Menyehatkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam labu siam dapat mendukung kesehatan pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Mengelola Berat Badan

Labu siam adalah pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin mengelola berat badan. Kandungan serat yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi keinginan untuk ngemil, dan dapat menjadi bagian penting dari rencana diet sehat.

Baca Juga: Manfaat Toge Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik Diketahui

Membantu Mengontrol Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa labu siam dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat yang terkandung dalam labu siam membantu mengatur penyerapan glukosa, yang dapat membantu dalam pengelolaan diabetes.

Menyokong Kesehatan Mata

Labu siam mengandung zat-zat seperti lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×