kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Olahraga Lompat Tali: Asal Usul, Jenis, dan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa


Selasa, 19 Desember 2023 / 16:32 WIB
Olahraga Lompat Tali: Asal Usul, Jenis, dan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Olahraga Lompat Tali: Asal Usul, Jenis, dan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

Penulis: Bimo Kresnomurti

Olahraga Lompat Tali - JAKARTA. Pahami asal-usul, jenis, dan manfaat lompat tali untuk kesehatan tubuh yang bisa diperhitungkan. Olahraga ini dapat dengan mudah dilakukan di mana saja hanya dengan menggunakan satu alat.

Lompat tali merupakan sebuah kegiatan fisik yang melibatkan melompati tali yang digerakkan atau diayunkan di sekitar tubuh.

Kegiatan ini umumnya dijadikan latihan kardiovaskular, pelatihan koordinasi, dan peningkatan kebugaran secara keseluruhan.

Latihan lompat tali dapat dilakukan menggunakan tali khusus yang didesain untuk tujuan ini, atau bahkan dengan menggunakan tali yang sederhana, seperti tali sepatu yang diikat bersama.

Nah, sebelum mengenal manfaat lompat tali untuk kesehatan, ada beberapa jenis kompat tali yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 3 Golongan Darah Ini Paling Berisiko Terkena Serangan Jantung

Asal Usul Lompat Tali

Lompat Tali

Asal usul “lompat tali” dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Meskipun versi modern dari lompat tali berasal dari Mesir sekitar tahun 1600 M, ada juga rumor tentang keberadaannya di Tiongkok pada era tersebut.

Faktanya, lukisan yang menggambarkan anak-anak menggunakan lompat tali pada zaman dahulu telah ditemukan. Terlepas dari banyaknya bukti sejarah, tidak ada catatan spesifik yang menunjukkan dengan tepat pencipta atau waktu penemuannya.

Melansir dari MyJumpRope Workout, sejarah hanya dapat berasumsi bahwa olahraga menjadi populer di kalangan anak-anak Mesir dan Tiongkok, dengan kemungkinan besar bahwa ide tersebut pertama kali muncul dari anak-anak.

Anak-anak pada masa itu dengan antusias memasukkan lompat tali ke dalam berbagai aspek waktu bermain mereka, terpikat oleh kesenangan sederhana namun menggembirakan yang mereka berikan.

Namun, seiring berlalunya tahun 1960-an, lompat tali kehilangan daya tariknya, dan muncul kembali pada tahun 1970-an dengan kegemaran kebugaran.

Lompat tali menjadi kebutuhan pokok dalam rutinitas olahraga, alat favorit untuk pemanasan dan menjaga kebugaran. Bahkan hingga hari ini, lompat tali tetap menjadi barang favorit di dunia kebugaran, membantu banyak orang membentuk dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan dalam Diet yang Umum Dilakukan!

Jenis lompat tali

Lompat tali dapat memiliki beberapa varian, termasuk:

  • Lompat Tali Biasa: Ini melibatkan melompati tali yang diayunkan di atas kepala dan di bawah kaki. Tujuannya adalah untuk menghindari menyentuh tali saat melompat.
  • Lompat Tali Ganda: Dalam variasi ini, dua orang atau lebih melompati tali yang sama secara bersamaan. Ini membutuhkan sinkronisasi yang baik antara para peserta.
  • Lompat Tali Berkecepatan Tinggi: Ini adalah jenis lompat tali di mana seseorang mencoba untuk melompati tali secepat mungkin dalam jangka waktu tertentu. Ini merupakan latihan kardiovaskular yang efektif.
  • Lompat Tali Gaya Bebas: Dalam gaya ini, seseorang bisa melakukan variasi gerakan dan loncatan yang kreatif saat melompati tali. Ini bisa termasuk lompatan ganda, putaran, dan gerakan lainnya.

Lompat tali tidak hanya mengasyikkan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan kekuatan kaki, kelincahan, koordinasi, dan kapasitas kardiovaskular.

Itulah beberapa manfaat olahraga lompat tali untuk kesehatan tubuh dilansir dari laman Pharmeasy.

Manfaat olahraga lompat tali

1. Untuk Kesehatan Jantung

Lompat tali merupakan latihan kardiovaskular yang sangat efektif karena dapat meningkatkan detak jantung. Hal ini berkontribusi secara signifikan dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Perbaiki Konsentrasi

Setiap jenis latihan kardiovaskular, termasuk lompat tali, dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Aktivitas ini memiliki efek menenangkan pada tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi.

3. Meningkatkan Koordinasi

Olahraga lompat tali diklaim dapat meningkatkan koordinasi dan stamina. Dengan terus berlatih, kondisi kesehatan otak akan terus terlatih untuk menangani tugas-tugas yang lebih berat, selain lompat tali.

4. Latihan Ketahanan

Lompat tali secara konsisten dapat membantu meningkatkan stamina. Dengan melibatkan tubuh secara terus menerus, latihan ini membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya tahan.

5. Tambah Kelenturan Tubuh

Olahraga lompat tali tidak hanya memberikan kekuatan pada otot, tetapi juga membuat tubuh lebih fleksibel. Gerakan melompat memberi kekuatan besar pada otot dan merenggangkannya, menjadikannya bagian penting dari latihan atlet.

6. Perbaiki Kesehatan Mental

Lompat tali dengan intensitas sedang dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Aktivitas fisik meningkatkan sirkulasi darah ke tubuh dan otak, memberikan dampak positif pada kesehatan mental.

7. Hilangkan Lemak Perut

Olahraga lompat tali, terutama dalam format High-Intensity Interval Training (HIIT), dapat membantu mengurangi lemak perut tanpa mengharuskan diet khusus. Ini juga memperkuat otot perut.

8. Memperkuat Tulang dan Sendi

Lompat tali memberikan kekuatan pada tulang dan meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis.

9. Mencerahkan Kulit

Olahraga lompat tali memiliki dampak positif pada kulit wajah, meningkatkan kesehatan kulit dan memberikan tampilan yang lebih sehat dan bercahaya.

10. Meningkatkan Fungsi Paru

Lompat tali meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan, yang pada gilirannya meningkatkan kapasitas paru-paru. Pemula disarankan untuk memulai secara bertahap, meningkatkan intensitas latihan seiring waktu untuk mencapai ritme yang seimbang.

Demikain beberapa informasi baik dari asal usul hingga manfaat olahraga lompat tali untuk kesehatan tubuh saat dilakukan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×