kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Pahami 5 Penyebab Sakit Perut Setelah Minum Kopi dan Cara Mengatasinya


Selasa, 09 Januari 2024 / 10:42 WIB
Pahami 5 Penyebab Sakit Perut Setelah Minum Kopi dan Cara Mengatasinya
ILUSTRASI. Pahami 5 Penyebab Sakit Perut Setelah Minum Kopi dan Cara Mengatasinya. KONTAN/Muradi/2017/08/14

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak penyebab sakit perut setelah minum kopi dan cara mengatasinya. Panduan mudah bagi Anda yang mengalami rasa tidak nyaman berikut ini.

Kebiasaan minum kopi adalah praktik konsumsi kopi secara teratur, yang dapat menjadi rutin sehari-hari bagi banyak orang. Nah, kebiasaan ini melibatkan minum kopi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dengan berbagai niat dan konteks.

Banyak orang mengintegrasikan minum kopi ke dalam rutinitas pagi mereka. Minum kopi bisa menjadi ritual yang memberikan semangat dan memulai hari dengan energi.

Beberapa orang juga memiliki kebiasaan minum kopi di waktu tertentu selama hari, seperti setelah makan siang atau sebagai istirahat sore.

Baca Juga: Awas! 5 Minuman Ini Bikin Kadar Kolesterol Jahat Melambung Tinggi

Takaran konsumsi kopi

Kafein

Konsumsi kopi yang dianggap baik dapat bervariasi tergantung pada faktor individu seperti kesehatan umum, toleransi terhadap kafein, dan kondisi kesehatan khusus. Namun, beberapa panduan umum yang diterima adalah:

Menurut banyak ahli kesehatan, batas harian konsumsi kafein yang umumnya dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa adalah sekitar 400 miligram. Ini setara dengan sekitar empat cangkir kopi seduh standar (masing-masing sekitar 8 ons atau 240 mililiter).

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kondisi tubuh yang sama saat mereka konsumsi kopi hitam dan sejenisnya.

Baca Juga: Awas Kumat! Ini Cara Aman Minum Kopi untuk Penderita Asam Lambung

Penyebab sakit perut setelah minum kopi

Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan di perut setelah minum kopi karena beberapa alasan berikut dilansir dari Livestrong.

1. Sensitivitas terhadap Kafein

Kafein, stimulan alami dalam kopi, dapat memengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan gejala seperti sakit perut. Sensitivitas terhadap kafein bervariasi antarindividu, dan beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan setelah mengonsumsi kopi.

2. Kandungan Asam

Kopi mengandung asam klorogenat dan trigonelin, yang dapat merangsang produksi asam lambung. Ini dapat menyebabkan rasa sakit perut, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti refluks atau GERD.

3. Efek Diuretik

Kafein bersifat diuretik, meningkatkan produksi urin dan dapat menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini dapat berkontribusi pada sembelit, membuat tinja lebih sulit dikeluarkan, dan menyebabkan ketidaknyamanan perut.

4. Bahan Aditif

Penambahan krim, susu, gula, atau bahan tambahan lain ke dalam kopi juga dapat menjadi penyebab sakit perut. Misalnya, intoleransi terhadap laktosa atau gula tertentu dapat menyebabkan gejala seperti kram, diare, atau kembung setelah mengonsumsi kopi yang mengandung bahan-bahan tersebut.

5. Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

IBS adalah gangguan gastrointestinal umum yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk nyeri perut. Kondisi ini dapat memperburuk setelah mengonsumsi kopi.

Untuk mengurangi kemungkinan rasa sakit perut setelah minum kopi, beberapa saran termasuk membatasi konsumsi kafein, memilih kopi rendah asam, dan menghindari bahan aditif yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Cara mengatasi sakit perut karena kopi

Anda bisa mengatasi masalah sakit perut setelah minum kopi yang mudah diterapkan.

  • Minum banyak air: Kafein bersifat diuretik, artinya Anda perlu minum lebih banyak air untuk mengimbangi buang air kecil. Anda tentu tidak ingin menambah ketidaknyamanan pada dehidrasi.
  • Ganti elektrolit: Jika Anda sakit perut atau diare, Anda tidak hanya kehilangan air tetapi juga elektrolit. Anda dapat menggantinya dengan larutan pengganti elektrolit seperti Pedialyte.
  • Jalan-jalan: Jika Anda merasakan banyak energi yang terpendam, berjalan-jalanlah untuk mengeluarkan sebagiannya. Namun jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa terjadi pada detak jantung Anda seperti peningkatan pesat yang tiba-tiba maka berhentilah.
  • Latih pernapasan dalam: Jika Anda cemas, kemungkinan besar pernapasan Anda cepat dan dangkal, yang selanjutnya akan meningkatkan kecemasan Anda. Ambil napas perlahan, dalam, dan hati-hati agar pernapasan Anda kembali normal dan mengurangi kecemasan.

Demikian penjelasan terkait rasa sakit perut setelah minum kopi yang wajib Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×