kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Penyakit Gula Dilarang Makan Buah Ini, Apa Buah-Buahan Untuk Penderita Diabetes?


Sabtu, 13 Januari 2024 / 05:00 WIB
Penyakit Gula Dilarang Makan Buah Ini, Apa Buah-Buahan Untuk Penderita Diabetes?
ILUSTRASI. Diabetes

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Buah-buahan untuk Penderita Diabetes- JAKARTA. Penderita penyakit gula atau diabetes tidak boleh sembarangan makan, termasuk makan buah-buahan. Ada sejumlah buah-buahan yang dilarang untuk diabetes. Lalu buah-buahan untuk penderita diabetes apa saja?

Diberitakan Kompas.com, penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan, termasuk buah-buahan agar kadar gula darah tidak melonjak. Buah merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut penelitian yang terbit dalam PLOS Medicine pada 2017, rutin mengonsumsi buah dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Namun beberapa jenis buah diketahui mengandung banyak gula yang tidak ramah bagi penderita diabetes.

Dilansir dari Eating Well, buah-buahan secara alami mengandung karbohidrat sederhana atau gula yang disebut fruktosa. Kandungan fruktosa inilah yang dapat membuat gula darah melonjak dengan cepat, kondisi yang sebisa mungkin dihindari penderita diabetes. Lantas, apa saja jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes?

Jenis buah dilarang dimakan penderita diabetes

Penderita diabetes dan orang dengan kadar gula darah tinggi perlu membatasi atau bahkan menghindari konsumsi jenis buah tertentu. Namun, tak perlu khawatir, jenis buah yang tidak boleh dimakan masih lebih sedikit daripada buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Berikut buah yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, seperti dikutip laman Medical News Today:

1. Buah-buahan tinggi GI

Jenis buah pertama yang perlu dihindari pasien diabetes adalah buah-buahan tinggi gula dan memiliki skor indeks glikemik (GI) tinggi. GI adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat kadar gula darah naik saat mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Secara umum, nilai indeks glikemik terbagi menjadi tiga, yakni kurang dari 55 untuk kategori rendah, 56 hingga 69 untuk sedang, serta nilai 70 ke atas untuk indeks glikemik tinggi.

Beberapa buah dengan skor GI tinggi yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, yakni: Semangka, Pisang jika terlalu matang, Nanas.

Sebenarnya, buah-buahan tersebut masih relatif aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, penderita harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

2. Buah-buahan tinggi karbohidrat

Dilansir dari laman Diabetes UK, jumlah karbohidrat yang dimakan memiliki dampak paling besar terhadap kadar gula darah seseorang. Oleh karena itu, asupan buah-buahan yang mengandung banyak karbohidrat juga sebaiknya dihindari atau dibatasi.

Sebagai gambaran, berikut kandungan karbohidrat dalam setiap porsi buah:

  • Anggur merah 20,2 gram
  • Pisang: 20,1 gram
  • Mangga: 15 gram
  • Nanas: 13,1 gram.

Jika masih ingin mengonsumsi buah-buahan kaya karbohidrat, pastikan untuk memakannya dalam porsi kecil. Selain itu, lengkapi pula dengan konsumsi protein serta makanan berserat tinggi lainnya untuk memperlambat kenaikan kadar gula darah.

3. Jus buah

Jenis buah selanjutnya yang harus dihindari penderita diabetes adalah buah yang diolah menjadi jus. Sebab, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mengonsumsi jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain itu, sebuah penelitian pada 2013 menunjukkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah utuh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes tipe 2. Sebaliknya, orang yang minum jus buah dalam jumlah lebih banyak, lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ini.

4. Buah kering

Buah yang dikeringkan dengan tambahan gula juga sebaiknya dibatasi oleh penderita diabetes. Namun demikian, apabila dalam bentuk kering tanpa tambahan pemanis, buah kering justru dapat mencegah diabetes.

Hal tersebut seperti dalam studi pada 2017, yang menemukan korelasi positif antara mengonsumsi kacang dan buah kering dengan pencegahan diabetes tipe 2. The American Diabetes Association (ADA) turut mengonfirmasi, buah kering dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, tetapi dalam porsi kecil.

Buah-buahan untuk penderita diabetes

Seperti disampaikan di atas, penderita diabetes wajib memilih makanan termasuk buah untuk diabetes. Di sisi lain, makan buah untuk diabetes penting untuk menurunkan dan mengontrol gula darah.

Anda bisa makan buah yang kaya serat sehingga gula darah tak mengalami lonjakan. Selain itu, pastikan untuk makan buah tanpa diberi pemanis tambahan supaya kondisi kesehatan tetap terjaga.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut daftar Buah-buahan untuk penderita diabetes :

Bluberi

Bagi penderita diabetes, blueberi atau jenis buah beri lainnya cocok dikonsumsi secara rutin. Jenis buah ini mengandung banyak antioksidan serta serat. Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), segelas bluberi mengandung 84 kalori dan 21 g karbohidrat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi bluberi. Anda dapat memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi hidangan lezat. Misalnya, And abisa menambah yogurt tambah lemak dan mengonsumsinya sebagai sarapan atau camilan di antara jadwal makan berat.

Ceri

Selain buah-buahn beri, Anda juga dapat mengonsumsi ceri. Dalam segelas ceri, Anda bisa mendapat 52 kalori dan 12.5 g karbo. Tak hanya itu, ceri juga mengandung antiinflamasi yang tinggi sehingga mampu meredakan peradangan dalam tubuh Anda.

Selain mengatasi jumlah gula darah dalam tubuh penderita diabetes, antioksidan dalam ceri juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Ceri bisa dibeli secara langsung. Namun, jika Anda membelinya dalam kemasan kaleng, pastikan tidak ada tambahan gula dalam produk tersebut.

Persik

Buah untuk diabetes selanjutnya yang layak Anda coba adalah buah persik. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sebuah persik berukuran sedang. Mulai dari 59 kalori, 14 g karbohidrat, 10 mg vitamin C, 285 mg potasium.

Banyaknya potasium dalam buah persik membuat metabolisme meningkat. Anda bisa mengonsumsi buah persik secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothie. Caranya dengan mencampur buah persik dengan buttermilk rendah lemak, es batu, dan sedikit kayu manis serta jahe.

Apel

Selain jenis buah di atas, apel juga bisa Anda konsumsi secara rutin. Buah ini mengandung 95 kalori, 25 g karbo, 8.73 mg vitamin C, dan lain sebagainya. Everyday Health menyarankan supaya Anda mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya karena mengandung lebih banyak antioksidan dan serat.

Jeruk

Jika Anda ingin mengonsumsi buah dengan rasa segar, jeruk adalah jawabannya. Jenis buah ini mengandung 237 g potasium di mana mampu menormalkan jumlah gula darah dalam tubuh Anda. Selain jeruk, Anda juga bisa makan buah asam lain, seperti anggur dan lain-lain.

Itulah daftar buah-buahan untuk penderita diabetes dan buah yang harus dihindari. Mari jaga pola makan dan rutin berolahraga untuk mencegah diabetes.

Selanjutnya: Pria yang Berumur di Atas 40 Tahun Harus Menjauhi 8 Makanan Ini, Cek Alasannya

Menarik Dibaca: Sinar UV Hari Ini Masih Berbahaya, Simak Jadwal & Sebarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×