kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Profil Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel yang Jadi Google Doodle


Senin, 29 Januari 2024 / 06:53 WIB
Profil Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel yang Jadi Google Doodle
ILUSTRASI. Aminah Cendrakasih Muda.

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Aminah Cendrakasih menjadi Google Doodle pada hari ini, Senin (29/1/2024). Aminah Cendrakasih adalah salah satu pemeran senior Indonesia.

Aminah Cendrakasih terkenal dalam perannya sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang ditayangkan oleh RCTI dan sinetron Rumah Masa Depan yang ditayangkan oleh TVRI.

Lantas seperti apa profil Aminah Cendrakasih? 

Baca Juga: Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel Anak Sekolahan Meninggal Dunia

Profil Aminah Cendrakasih 


Aminah Cendrakasih Si Doel

Aminah Cendrakasih lahir dengan nama Siti Aminah di Magelang, Jawa Tengah, Hindia Belanda, pada 29 Januari 1938. Dia adalah putri dari komedian Husin Nagib dan aktris senior Wolly Sutinah yang lebih dikenal sebagai Mak Wok. 

Semasa kecilnya, Aminah Cendrakasih pindah ke Jakarta. Lalu, Aminah Cendrakasih bersekolah di Sekolah Kepandaian Putri (SKP), sekolah yang mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan gadis-gadis muda untuk mengurus rumah tangga.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di usia 84 tahun setelah sempat berjuang penyakit glaukoma hingga mengalami kehilangan penglihatan sejak 2007. 

Baca Juga: Laila Sari, artis tiga zaman dikabarkan tutup usia

Perjalanan karier Aminah Cendrakasih  

Dirangkum dari laman Festival Film Indonesia, sejak masih sekolah di SKP, Aminah Cendrakasih sudah mengenal dunia panggung. Pada 1955, Aminah Cendrakasih aktif di pentas sandiwar sebagai pemain dan penyanyi

Pada tahun yang sama, Aminah Cendrakasih mendapat kesempatan tampil dalam film "Oh, Ibuku" (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Garuda Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo. 

Bersama ibunya, Wolly Sutinah, pada tahun yang sama Aminah Cendrakasih ikut bermain dalam film Gambang Semarang. Di filmnya yang ketiga, Ibu dan Putri (1955) yang disutradari Ha van Wu, Aminah Cendrakasih diberi kepercayaan sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor. 

Sejak 1955 sampai 1989 saja Aminah Cendrakasih sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama.

Baca Juga: Catat, ini daftar film Indonesia yang siap tayang di bulan Agustus

Pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional. Hal ini berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film. 

Setelah membintangi film “Habis Gelap Terbitlah Terang” (1959), ia sempat menghilang dari dunia film. Di tahun yang sama, Aminah juga menikah dengan Idris Permana pada 1959. 

Baru pada tahun 1970 ia kembali lagi dan tampil di sejumlah sinetron. Tahun 1971 ia kembali main film, tampil dalam film “Penunggang Kuda dari Tjimande” (1971) dan “Jang Djatuh Di Kaki Lelaki” (1971).

Nama Aminah justru meroket lewat sinetron. Salah satunya adalah “Rumah Masa Depan” (1984-1985). Sinetron ini mengisahkan sebuah keluarga sederhana tetapi bahagia. 

Kemudian, namanya kembali melejit saat membintangi Mak Nyak di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997) bersama dengan Benyamin S dan Rano Karno. 

Baca Juga: Nani Wijaya Meninggal Dunia, Ada 115 Film yang Pernah Dibintangi

Penghargaan Aminah Cendrakasih 

Berikut adalah daftar penghargaan Aminah Cendrakasih seperti dirangkum dari laman Kebudayaan.kemdikbud.go.id: 

  • 2016: Satyalancana Kebudayaan dari Presiden RI
  • 1992: Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional
  • 2013: Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung

Prestasi terbesarnya adalah ketika untuk pertama kalinya Indonesia Movie Awards pada tahun 2013 memberikan Lifetime Achievement Award kepadanya yang tak dapat melihat karena terkena glaukoma. 

Baca Juga: Mengenang sosok Benyamin Sueb lewat Google Doodle hari ini

Filmografi dan sinetron Aminah Cendrakasih 

Berikut adalah daftar filmografi dan sinetron Aminah Cendrakasih

  • Rindu (1951)
  • Oh, Ibuku (1955)
  • Benyamin Raja Lenong (1975)
  • Jinak-Jinak Merpati (1975)
  • Rhoma Irama Penasaran I (1976)
  • Rumah Masa Depan (TVRI)
  • Si Doel Anak Sekolahan (RCTI)

Demikian profil Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×