kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ramah Penderita Hipertensi, Ini 5 Makanan Rendah Garam atau Natrium


Rabu, 27 Maret 2024 / 15:59 WIB
Ramah Penderita Hipertensi, Ini 5 Makanan Rendah Garam atau Natrium

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Rendah Garam D - JAKARTA. Periksa daftar makanan yang memiliki kandungan garam rendah yang cocok untuk mereka yang menderita hipertensi. Penting untuk memperhatikan batasan asupan garam atau natrium dalam makanan.

Natrium seringkali dicampurkan dalam banyak makanan yang kita konsumsi, biasanya dalam bentuk garam dapur.

Asupan garam dalam makanan memiliki peran yang signifikan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan, transmisi sinyal saraf, dan kontraksi otot.

Tidak hanya itu, garam dapur juga dapat meningkatkan rasa dari berbagai hidangan dan membuat pengalaman makan lebih nikmat.

Baca Juga: 8 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Terasa Penuh yang Tidak Nyaman

Hipertensi

Akan tetapi, mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat berdampak negatif bagi kesehatan, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sebaliknya, mengadopsi pola makan rendah sodium telah terkait dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Efek dari mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang rendah termasuk menjaga tekanan darah dalam batas normal dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, mengurangi asupan garam juga dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan otak dan menjaga fungsi ginjal agar tetap optimal.

Individu yang mengikuti pola makan rendah sodium mungkin juga akan mengalami efek samping jangka pendek, seperti berkurangnya rasa kembung atau kehausan yang berlebihan.

Baca Juga: Selain Perut Terasa Kembung, Ini Tanda-Tanda Usus Kotor

Daftar makanan rendah garam ini merupakan makanan esensial, sumber berikut dirangkum dari laman Eating Well.

1. Produk susu

Makanan olahan susu kaya akan magnesium, potasium, dan kalsium, nutrisi yang mendukung tekanan darah sehat. Namun, beberapa produk susu olahan, seperti beberapa jenis keju, dapat mengandung sodium. Untuk diet rendah sodium, pilihan produk susu seperti susu murni dan yogurt Yunani tanpa tambahan garam adalah pilihan yang baik.

2. Buah dan sayuran segar

Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar atau yang telah dikeringkan beku adalah pilihan yang baik untuk diet rendah sodium karena mereka tidak memerlukan tambahan garam atau natrium.

Sayuran yang telah dibekukan dapat menjadi bagian yang menyenangkan dari diet rendah sodium, terutama jika tidak disajikan dengan saus yang tinggi sodium.

3. Protein hewani

Makanan tinggi protein penting untuk tubuh, dan banyak sumber protein alami yang rendah sodium. Meskipun beberapa makanan protein yang diawetkan atau diasap mengandung sodium, potongan segar daging sapi, ayam, telur, ikan, dan protein lainnya dapat dimasukkan ke dalam diet rendah sodium.

Beberapa contoh sumber protein yang rendah sodium atau natrium meliputi daging ayam, sapi, dan ikan.

Salmon

4. Lemak sehat

Lemak sehat adalah bagian penting dari pola makan sehat dan dapat diterima dalam diet rendah sodium. Beberapa sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak alpukat, dan alpukat juga mengandung antioksidan dan vitamin penting.

Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden juga merupakan sumber lemak sehat yang rendah sodium jika disajikan dalam bentuk segar dan bukan kalengan.

5. Biji-bijian

Biji-bijian dapat menjadi bagian penting dari diet rendah sodium jika disiapkan tanpa tambahan garam atau bahan-bahan asin lainnya seperti kecap. Banyak biji-bijian seperti gandum, sorgum, dan beras merah adalah sumber nutrisi yang kaya dan bebas dari sodium jika tidak dicampur dengan bumbu berlebihan.

Itulah sederet makanan rendah garam yang baik untuk penderita hipertensi untuk dikonsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×