kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Terasa Penuh yang Tidak Nyaman


Rabu, 27 Maret 2024 / 15:11 WIB
8 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Terasa Penuh yang Tidak Nyaman
ILUSTRASI. Perut kembung

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Mengatasi Perut Terasa Penuh JAKARTA. Pahami faktor-faktor yang menyebabkan sensasi perut terasa penuh bahkan tanpa makan. Ketidaknyamanan pada perut yang terasa seperti sudah kenyang bisa menjadi indikasi gangguan pencernaan yang perlu diperhatikan.

Perut terasa penuh merujuk pada perasaan seolah-olah perut telah terisi penuh atau kenyang, meskipun mungkin belum ada asupan makanan dalam jumlah besar.

Sensasi perut terasa penuh dan tidak nyaman dalam konteks medis sering disebut sebagai "distensi abdomen."

Distensi abdomen adalah kondisi di mana perut terasa penuh, kembung, dan tidak nyaman. Hal ini sering kali diikuti oleh perasaan kenyang yang berlebihan, tekanan, atau bahkan nyeri pada perut.

Sehingga, sensasi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor yang mendasarinya.

Baca Juga: 7 Teh Herbal Ini Bisa Menurunkan Asam Lambung & Usus Menjadi Prima

Ilustrasi Kesehatan pencernaan terkait perut begah

Menurut penelitian yang dikutip dari Cleveland, sekitar 10% hingga 25% dari individu yang sehat mengeluhkan perut terasa penuh atau kembung dari waktu ke waktu.

Sebagian besar dari responden, sekitar 75%, merasakan gejala tersebut dalam tingkat yang bervariasi dari sedang hingga berat.

Selain itu, sekitar 10% dari melaporkan mengalami kondisi ini secara rutin, dengan sebagian besar di antaranya menerima diagnosa sindrom iritasi usus besar (IBS) hingga mencapai 90%.

Data lain menunjukkan bahwa sekitar 50% orang yang mengalami kembung juga memiliki keluhan perut yang terlihat buncit.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur, Jangan Dibiasakan!

Penyebab perut penuh

Artinya, ada beragam faktor penyebab perut terasa penuh yang bisa mengganggu aktivitas Anda

Pahami penyebab perut terasa penuh yang perlu Anda waspadai, sumber dirangkum lewat laman Cleveland Clinic.

1. Terlalu Banyak Makan

Salah satu faktor yang sering menyebabkan sensasi perut terasa penuh adalah asupan makanan yang berlebihan. Ketika seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak, perut akan cepat terisi dan menimbulkan rasa kenyang yang tidak nyaman.

Menyantap makanan dengan cepat adalah kebiasaan lain yang dapat menyebabkan perut terasa penuh dengan cepat. Makan terlalu cepat bisa membuat seseorang menelan udara lebih banyak, yang dapat mengakibatkan perut terasa kembung dan penuh.

2. Asupan Serat Berlebih

Asupan makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, juga dapat membuat perut terasa penuh lebih cepat. Serat makanan membantu mengendalikan nafsu makan dan memberikan efek kenyang yang lebih cepat.

3. Konsumsi soda

Minuman bersoda atau berkarbonasi dapat menyebabkan perut terasa penuh karena gas yang dihasilkan dalam perut setelah mengonsumsinya.

4. Perubahan usia

Proses penuaan juga dapat memengaruhi sensasi perut terasa penuh. Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami perubahan dalam pencernaan makanan dan persepsi terhadap rasa kenyang.

5. Gangguan Lambung

Gangguan pada lambung atau usus, seperti refluks asam, ulkus lambung, atau peradangan usus, juga dapat menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman.

6. Kondisi Ovarium

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), yang merupakan gangguan hormonal pada wanita, dapat menyebabkan perut terasa penuh karena distensi abdomen yang dialami dalam jangka waktu tertentu.

7. Penyakit usus

Gangguan pada usus besar, seperti sindrom usus besar irritable (IBS), penyakit Crohn, atau penyakit divertikular, juga dapat menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman karena gangguan pada fungsi usus.

Penting untuk diingat bahwa perasaan perut terasa penuh bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius.

Cara mengatasi perut terasa penuh

Beberapa faktor di atas dapat diasi dengan beberapa tips berikut ini. 

  • Hindari Makan Terlalu Cepat: Mengunyah makanan secara perlahan dan menikmati setiap gigitan dapat membantu mengurangi risiko menelan udara berlebihan yang dapat menyebabkan perut terasa penuh.
  • Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak: Makanan berlemak cenderung lebih sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut terasa penuh. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak dan lebih memilih makanan yang rendah lemak.
  • Minum Air Putih: Minum cukup air putih setiap hari dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan mencegah perut terasa penuh akibat dehidrasi.
  • Hindari Minuman Bersoda dan Berkarbonasi: Minuman bersoda dan berkarbonasi dapat menyebabkan gas terperangkap di perut, yang dapat membuat perut terasa penuh dan kembung.
  • Hindari Makanan yang Menyebabkan Kembung: Beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, brokoli, dan kol, dapat menyebabkan produksi gas dalam perut. Hindari makanan-makanan tersebut jika Anda sering mengalami perut terasa penuh.

Itulah beberapa informasi terkait penyebab perut terasa penuh yang perlu Anda kenali sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×