kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Robert Kiyosaki Beberkan Perbedaan Investasi Bitcoin dengan Emas & Perak, Ini Katanya


Selasa, 19 Maret 2024 / 06:58 WIB
Robert Kiyosaki Beberkan Perbedaan Investasi Bitcoin dengan Emas & Perak, Ini Katanya
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki membahas perbedaan utama yang dia lihat antara Bitcoin dan aset lainnya, seperti emas dan perak.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki, penulis “Rich Dad Poor Dad” dikenal sebagai pendukung Bitcoin. Dia sendiri memiliki mata uang kripto tersebut. 

Melansir Benzinga, Kiyosaki telah membuat prediksi yang kuat tentang Bitcoin. Dia mengatakan bahwa Bitcoin bisa mencapai level US$ 100.000 pada bulan Juni. 

Dia juga menegaskan bahwa kesalahan terbesar yang dilakukan investor adalah menunda-nunda pembelian Bitcoin.

Baru-baru ini, dalam postingan di X, Kiyosaki membahas perbedaan utama yang dia lihat antara Bitcoin dan aset lainnya, seperti emas dan perak.

"Saya menyukai emas dan perak. Saya memiliki tambang emas dan perak. Masalah dengan emas dan perak adalah...semakin tinggi harganya, semakin banyak emas dan perak yang ditemukan. Sama dengan minyak. Saya juga memiliki sumur minyak. Hal ini tidak berlaku pada Bitcoin. Tidak peduli seberapa tinggi harga Bitcoin, Bitcoin hanya akan ada 21 juta. Itu sebabnya saya menyukai Bitcoin," paparnya.

Argumen utama Kiyosaki dalam postingan tersebut berkisar pada pasokan Bitcoin. Dengan aset lain, seperti saham, emas, dan minyak, pasokannya dapat terus berubah berdasarkan kondisi pasar dan keterlibatan manusia. 

Artinya, harga suatu aset bukan sekadar fungsi aktivitas pembelian namun juga sebagian ditentukan oleh interaksi manusia dengan pasokan.

Baca Juga: Bitcoin Berpotensi ke Level US$ 80.000, Meski Pasar Kripto Terkoreksi

Namun, menurut Kiyosaki, Bitcoin justru sebaliknya. Bitcoin menggunakan sistem pasokan tetap, sehingga jumlah Bitcoin yang telah ditentukan dilepaskan ke pasar setiap blok. 

Jumlah ini juga berkurang setengahnya setiap beberapa tahun, yang berarti pasokan meningkat dengan laju yang semakin menurun. 

Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan pembatasan pasokan sebesar 21 juta token yang diperkirakan terjadi pada 2140.

Pandangan Kiyosaki bahwa Bitcoin akan mencapai pasokan 21 juta token tanpa kendala apa pun tidak dianut oleh semua orang. Ada kemungkinan pasokan akan menyimpang dari kondisi saat ini.

Satu-satunya cara pasokan bisa berubah adalah jika serangan 51% terjadi pada Bitcoin. Hal ini terjadi ketika seorang penambang atau sekelompok penambang mengendalikan lebih dari setengah jaringan. 

Baca Juga: Intip Prospek Harga Bitcoin Hingga Akhir Tahun

Hal ini akan memungkinkan mereka untuk menerima perubahan apa pun pada kode sumber, yang berarti bahwa mereka dapat mengusulkan perubahan terhadap pasokan dalam kode sumber dan menerimanya sendiri.

Serangan sebesar 51% terhadap Bitcoin sangat kecil kemungkinannya, dan kemungkinan besar pemerintah atau perusahaan besar perlu bersatu untuk mencapai prestasi tersebut.

Pendapat Kiyosaki mengenai batas pasokan 21 juta token pada Bitcoin mungkin benar. Namun, jika hukum Murphy berlaku, yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang salah akan menjadi buruk, serangan sebesar 51% secara teori dapat terjadi.

Bukan kali ini saja Kiyosaki membela Bitcoin. 

Melansir Bitcoin.com, sebelumnya, pada April 2023 lalu, Kiyosaki membagikan alasannya di Twitter hari Kamis mengapa dia menyukai bitcoin. 

Baca Juga: Harga Bitcoin Koreksi dari Level Tertinggi, Intip Prospek Harganya Hingga Akhir Tahun

Dalam tweetnya dia menjelaskan bahwa bertahun-tahun yang lalu, dia menyaksikan harga cryptocurrency terbesar naik menjadi US$ 20.000 dan kemudian kehilangan hampir semua nilainya. Saat itu, dia mengira bitcoin sudah habis. 

Namun, ketika harga bitcoin perlahan naik ke level US$ 6.000, dia membeli lebih banyak lagi bitcoin. Alasannya adalah orang mendukung bitcoin dan bukan Fed atau pemerintah. 

Bitcoin tidak membutuhkan The Fed atau pemerintah untuk menyelamatkannya karena ini adalah uang rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×