kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Simak 9 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis


Minggu, 12 November 2023 / 06:00 WIB
Simak 9 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat Jus semangka untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat jus semangka untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui dan bisa didapatkan. Selain itu, manfaat jus semangka juga telah teruji secara klinis.

Semangka (Citrullus lanatus) bukan hanya buah yang menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Jus semangka, yang merupakan minuman ringan dan lezat, dapat memberikan sejumlah nutrisi penting yang mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Borneo FC dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat jus semangka untuk kesehatan di antaranya:

1. Menyegarkan dan Menjaga Hidrasi

Semangka terdiri secara besar-besaran dari air (sekitar 92%), membuatnya menjadi sumber yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi jus semangka dapat membantu mencegah dehidrasi, terutama selama cuaca panas atau setelah aktivitas fisik yang intens.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Punya Banyak Antioksidan

2. Kaya Antioksidan

Semangka mengandung antioksidan, seperti likopen, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan serta risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam jus semangka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang bertanggung jawab melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Simak Yuk!

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Likopen dan citrulline, senyawa yang ditemukan dalam semangka, telah terkait dengan manfaat kesehatan jantung. Likopen dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sementara citrulline dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terdapat dalam semangka dapat mendukung kesehatan mata. Ini penting untuk memelihara penglihatan normal dan mencegah masalah mata seperti degenerasi makula.

Baca Juga: Prediksi Indonesia vs Ekuador, Daftar Skuad dan Jadwal Piala Dunia U-17 2023

6. Mengurangi Peradangan

Senyawa antiinflamasi dalam semangka, seperti cucurbitacin E, dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk kondisi inflamasi, seperti arthritis.

7. Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam semangka dapat membantu mempromosikan pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan usus secara keseluruhan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Opening Ceremony dan Laga Pertama

8. Menyediakan Elektrolit Alami

Semangka mengandung elektrolit alami seperti kalium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko kram otot dan menjaga fungsi jantung yang optimal.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus semangka rendah kalori dan lemak, membuatnya menjadi minuman yang baik untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Serat dalam semangka juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Meskipun jus semangka memberikan berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Memadukan jus semangka dengan buah dan sayuran lainnya dapat meningkatkan manfaat kesehatan secara keseluruhan. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Kartu Ucapan Hari Ayah untuk Postingan Instagram dan WhatsApp

Menarik Dibaca: Kartu Ucapan Hari Ayah untuk Postingan Instagram dan WhatsApp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×