kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Simak, Ini Cara Mengukur Kebugaran Tubuh dan Cara Menjaga Agar Tubuh Tetap Bugar


Rabu, 03 Januari 2024 / 15:48 WIB
Simak, Ini Cara Mengukur Kebugaran Tubuh dan Cara Menjaga Agar Tubuh Tetap Bugar
ILUSTRASI. Tubuh bugar

Penulis: Virdita Ratriani

Cara Mengukur Kebugaran Tubuh - Cara mengukur kebugaran tubuh bisa dilakukan dengan dua metode. Bugar adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah tanpa merasa lelah yang berlebihan dan masih mempunyai tenaga cadangan untuk melaksanakan aktivitas lainnya. 

Sehingga, kita semua harus bisa mengukur kebugaran secara mandiri agar bisa menentukan jenis latihan fisik dan olahraga sesuai dengan tingkat kebugaran kita. 

Untuk itu, ada cara untuk mengukur kebugaran tubuh. Lantas, bagaimana cara untuk mengukur kebugaran tubuh?

Baca Juga: 5 Tips Diet Turunkan Kolesterol setelah Makan Banyak di Malam Tahun Baru

Cara mengukur kebugaran tubuh

Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan, pengukuran kebugaran dapat dilakukan dengan dua metode. Berikut cara mengukur kebugaran tubuh:

  • Metode rockpot

Cara mengukur kebugaran tubuh yang pertama adalah rockport atau berlari kecil sejauh 1,6 kilometer dan dihitung waktunya. Setelah itu, lalu diukur tekanan darah serta detak jantungnya untuk memastikan kebugaran tubuh.  

Metode ini bisa dilakukan bagi Anda yang tidak memiliki gangguan otot dan tulang, gangguan darah seperti hipertensi serta usia di bawah 60 tahun. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Harus Dijauhi Mereka yang Berusia 40 Tahun ke Atas, Wajib Tahu!

  • Metode tes jalan

Cara mengukur kebugaran tubuh yang kedua adalah tes jalan selama 6 menit. Caranya adalah seseorang berjalan selama 6 menit tanpa henti lantas dihitung berapa jarak tempuh yang berhasil dicapai selama berjalan 6 menit.  

Metode ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki gangguan darah serta usia di atas 60 tahun. 

Selain kedua metode di atas, cara mengukur kebugaran tubuh juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi untuk mengukur kebugaran tubuh salah satunya adalah SIPGA atau Sistem Pengukuran Kebugaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Aplikasi SIPGA ini dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini tidak hanya memberitahu kita tingkat kebugaran, akan tetapi juga memberitahukan rekomendasi latihan atau olahraga. 

Baca Juga: Perbaiki Pola Hidup, Ikuti 7 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2 Sejak Usia Dini

Cara menjaga kebugaran tubuh 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, dirangkum dari laman resmi RSUD Wates, berikut salah satu cara peningkatan gaya hidup sehat melalui perilaku CERDIK yaitu:

1. Cek kondisi kesehatan secara berkala

Tujuan melakukan cek kesehatan secara berkala adalah untuk membandingkan status kesehatan kita sebelumnya, apakah terjadi penurunan atau peningkatan kondisi kesehatan. 

Gejala penyakit yang tidak terdeteksi dari dini dapat berakibat fatal pada kesehatan.

Baca Juga: Bagi yang Berusia 40 Tahun ke Atas, Ini 15 Penyakit yang Harus Diwaspadai

2. Enyahkan asap rokok

Bahaya asap rokok bagi kesehatan tubuh bukan menjadi rahasia umum lagi. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menghindari asap rokok bagi perokok pasif, dan berhenti merokok bagi perokok aktif.

3. Rajin aktifitas fisik

Rajin aktifitas fisik dapat dilakukan dengan cara olah raga secara teratur. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Olahraga yang dapat kita lakukan banyak jenisnya, contohnya: senam sehat, lari, bulutangkis, tennis, bersepeda, dll.

4. Diet sehat dengan kalori seimbang

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan yang akan dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. 

Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Baca Juga: Ramalan Shio Naga tahun 2024: Karier, Kesehatan, Asmara

5. Istirahat yang cukup

Istirahat cukup merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Istirahat atau tidur yang cukup dapat berdampak baik bagi kesehatan. Waktu istirahat atau tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam perhari.

6. Kendalikan stres

Stres telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehingga mengendalikan stres menjadi bagian yang harus kita biasakan agar dampak buruk dari stres tidak mengganggu kita, terutama mengganggu kesehatan. 

Demikian cara mengukur dan menjaga kebugaran tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×