kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tak Ingin Gagal Turunkan Berat Badan! Ini Aturan Makan Nasi Padang Saat Diet


Senin, 26 Februari 2024 / 11:11 WIB
Tak Ingin Gagal Turunkan Berat Badan! Ini Aturan Makan Nasi Padang Saat Diet
ILUSTRASI. Nasi padang

Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

CARA MAKAN NASI PADANG SAAT DIET - Orang yang sedang diet disarankan untuk menjaga pola makan. Apakah orang yang sedang diet tidak boleh makan nasi padang? 

Selain mi instan, salah satu kuliner favorit orang Indonesia lainnya adalah nasi padang. 

Baca Juga: Ubi atau Kentang, Mana yang Baik dan Sehat untuk Dikonsumsi?

Membayangkan nikmatnya saja sudah cukup untuk membuat kelenjar air liur bekerja. 

Namun, bagaimana bila kita sedang menjalani program diet turunkan berat badan, masih bolehkah mengonsumsi nasi padang? 

Apakah sesuap nasi padang saja sudah bisa membuat program diet gagal? 

Kompas.com menanyakan hal ini kepada dr. Yohan Samudra, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Primaya Hospital Tangerang. 

Dalam pesan singkat yang diterima Sabtu (7/11/2020); dr Yohan berkata bahwa orang yang sedang menjalani program diet masih boleh memakan nasi padang bila masuk dalam batas kalori hariannya. 

"Tidak langsung menggagalkan dietnya," ujarnya. 

Pasalnya, jumlah total kalori harian dan mingguanlah yang akan menentukan, apakah berat badan seseorang itu naik atau turun. 

Namun, memang nasi padang memiliki jumlah kalori dan lemak jenuh yang tinggi sehingga perlu dibatasi jumlahnya, terutama saat sedang menjaga berat badan. 

"Nasi padang yang dibungkus bisa sampai 800-900 kalori, sedangkan yang di piring (makan di tempat) sekitar 600-700 kalori," ujar dr Yohan. 

Cara makan nasi padang saat diet 

Bagi yang sedang berdiet, dr Yohan pun menyarankan untuk membatasi kalori nasi padang yang ada konsumsi di kisaran 500 kkal. 

Untuk mendapatkan kisaran kalori ini, porsi nasi yang dianjurkan adalah sebesar kepalan tangan. 

Kemudian pilihlah lauk ayam atau ikan panggang; dan sebaliknya, hindari lauk yang digoreng dan bersantan. 

Tambahkan juga porsi sayur berupa daun singkong atau mentimun untuk mendapatkan gizi yang seimbang. 

Lalu, bila Anda tetap ingin memakai kuah, dr Yohan menyarankan untuk membatasinya menjadi dua sampai tiga sendok makan saja. 

Dokter Yohan pun berpesan, untuk diet yang lebih sehat, tetap lebih baik mengikuti mengikuti pola makan gizi seimbang yang rendah lemak jenuh, gula dan garam.

Baca Juga: Gula Merah Lebih Baik dan Sehat Dibandingkan Gula Putih?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Makan Nasi Padang Saat Diet Turunkan Berat Badan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×