kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tak Sembarangan, Ini 5 Bahaya Minum Obat Tidak Teratur dan Tepat Waktu


Sabtu, 24 Februari 2024 / 12:20 WIB
Tak Sembarangan, Ini 5 Bahaya Minum Obat Tidak Teratur dan Tepat Waktu
ILUSTRASI. Bahaya Minum Obat Tidak Teratur dan Tepat Waktu. KONTAN/Daniel Prabowo/23/04/2010

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penting untuk memahami risiko yang dapat timbul akibat penggunaan obat yang tidak sesuai jadwal. Bagi para pasien yang sedang mengatasi penyakit tertentu, penting untuk mematuhi petunjuk dosis dan waktu pengonsumsian obat.

Konsumsi obat sesuai dengan dosis yang direkomendasikan dan pada waktu yang ditentukan memiliki tujuan positif untuk memastikan tubuh menerima manfaat optimal dari kandungan obat tersebut.

Beberapa jenis obat harus dikonsumsi dengan frekuensi tertentu dalam sehari dan dapat memiliki ketentuan waktu, seperti sebelum atau sesudah makan. Adanya panduan dosis dan waktu pengonsumsian obat ini memegang peranan penting dalam efektivitas pengobatan.

Ada berbagai alasan yang memberikan urgensi untuk minum obat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hal ini melibatkan aspek keamanan, efektivitas pengobatan, dan optimalisasi manfaat kesehatan yang diharapkan dari obat yang dikonsumsi.

Baca Juga: 3 Langkah Alami Tanpa Obat yang Bisa Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Ilustrasi Obat Kimia Farma

Pentingnya minum obat teratur

Berikut ini beberapa alasan yang tentu bisa menjadi pertimbangan pasien untuk patuh sesuai resep dokter:

  • Efektivitas pengobatan: Minum obat sesuai jadwal yang ditentukan meningkatkan efektivitas pengobatan. Dosis obat yang tepat dan konsisten membantu mempertahankan kadar obat yang diperlukan dalam tubuh untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pengobatan yang konsisten memungkinkan obat mencapai konsentrasi yang efektif untuk mengatasi penyakit atau kondisi tertentu.
  • Pemulihan yang lebih cepat: Minum obat tepat waktu dan sesuai jadwal dapat mempercepat proses pemulihan. Obat membantu meredakan gejala, menghentikan pertumbuhan bakteri atau virus, dan mempercepat penyembuhan. Ketika pasien mematuhi jadwal pengobatan, tubuh Anda mendapatkan dukungan yang konsisten untuk melawan infeksi atau penyakit.
  • Pencegahan relaps: Beberapa kondisi kesehatan membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk mencegah kekambuhan atau mempertahankan kontrol yang baik. Minum obat tepat waktu membantu mencegah kemunduran atau kekambuhan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung.
  • Mencegah resistensi obat: Minum obat tepat waktu dan sesuai jadwal membantu mencegah perkembangan resistensi obat. Pengobatan yang teratur memastikan bahwa konsentrasi obat yang efektif tetap ada dalam tubuh, sehingga mencegah bakteri atau virus berkembang menjadi tahan terhadap obat yang digunakan.

Tidak mematuhi jadwal atau dosis yang ditentukan saat minum obat saat sakit dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Baca Juga: 4 Makanan untuk Mengobati Gejala Gerd Dengan Cepat

Bahaya minum obat tidak teratur

Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat minum obat secara tidak teratur dilansir dari Allazo Health.

1. Tidak Sembuhnya Penyakit atau Kondisi

Jadwal pengobatan yang tidak diikuti dengan benar dapat menyebabkan penyakit atau kondisi yang Anda derita tidak sembuh dengan optimal atau bahkan bisa semakin lambat dalam proses penyembuhannya. Pengobatan yang konsisten dan teratur memiliki peran penting dalam memberikan efek yang diharapkan dan memulihkan kesehatan Anda.

2. Ketidakpatuhan terhadap Jadwal Pengobatan

Pengobatan yang diresepkan dokter biasanya memiliki jadwal yang ditentukan untuk memastikan efektivitasnya. Ketika Anda tidak mengikuti jadwal ini dengan disiplin, obat mungkin tidak akan bekerja dengan optimal dalam mengatasi masalah kesehatan Anda. Hal ini dapat mengakibatkan prolongasi atau bahkan kegagalan proses penyembuhan.

3. Efek Samping yang Tidak Diinginkan

Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping jika tidak dikonsumsi sesuai petunjuk. Mengambil dosis obat secara tidak teratur dapat meningkatkan risiko efek samping ini, yang pada gilirannya dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan memicu masalah kesehatan tambahan.

4. Resistensi Obat

Ketidakpatuhan dalam mengonsumsi obat sesuai jadwal dapat menyebabkan bakteri atau virus penyebab infeksi menjadi resisten terhadap obat. Ini artinya, obat yang semula efektif dalam mengatasi infeksi dapat kehilangan kemampuannya, dan ini menjadi risiko serius yang dapat memerlukan pencarian alternatif pengobatan.

5. Komplikasi Kesehatan yang Lebih Serius

Pengabaian terhadap pengobatan atau ketidakpatuhan terhadap jadwal minum obat dapat menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Hal ini dapat menyulitkan kondisi dan memunculkan komplikasi yang lebih serius, yang kemudian memerlukan intervensi medis yang lebih intensif.

Saat Anda memiliki kesulitan untuk mengingat jadwal atau mematuhi pengobatan, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda untuk mendapatkan bantuan dan saran tentang bagaimana mengatur pengobatan yang lebih mudah diikuti.

Demikian beberapa informasi terkait bahaya minum obat tidak teratur atau sesuai dosisi dari dokter yang bisa merugikan Anda.

Selanjutnya: Biaya Logistik Tinggi, Ini Kata Samudera Indonesia (SMDR)

Menarik Dibaca: Bisa Dibeli di Pasar, Ketahui 9 Jenis Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×