kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah, Cek Juga Cara Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda


Rabu, 20 Desember 2023 / 06:37 WIB
Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah, Cek Juga Cara Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda
ILUSTRASI. Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah, Cek Juga Cara Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah - Jakarta. Waspadai tanda-tanda diabetes semakin parah. Kenali juga cara mencegah diabetes sejak usia muda.

Cara mencegah diabetes sejak usia muda penting diketahui. Pasalnya, penyakit gula ini sudah banyak terjadi pada anak muda akibat pola makan yang tidak sehat.

Dilansir dari laman Ciputra Hospital, cara mencegah diabetes sejak usia muda dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan

Cara mencegah diabetes sejak usia muda yang pertama adalah menjaga berat badan. Mengontrol berat badan adalah salah satu bagian penting dari mencegah diabetes. Sebab, memiliki berat badan yang berlebihan akan membuat Anda 20 hingga 40 kali lebih mungkin menderita diabetes daripada orang dengan berat badan ideal.

2. Rutin olahraga

Cara mencegah diabetes sejak usia muda yang kedua adalah  rutin olahraga. Olahraga akan menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.

Sebuah studi tentang diabetes menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 51%. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 85%. Jenis olahraga fisik yang bisa menjadi rekomendasi Anda untuk mencegah diabetes sejak usia muda antara lain seperti aerobik, senam, yoga, jalan kaki, berenang, bersepeda atau lari.

3. Memiliki pola makan yang sehat

Menerapkan pola makan yang sehat berperan penting untuk mencegah diabetes sejak usia muda. Selama ini, banyak orang lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, berlemak dan makanan cepat saji. Padahal, makanan tersebut bisa menjadi pemicu utama bagi Anda untuk mengalami diabetes.

Pola makan yang sehat untuk mencegah diabetes sejak usia muda adalah mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, lemak baik, vitamin dan mineral, serta serat. Selain itu, banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian juga baik bagi tubuh Anda.

4. Perbanyak minum air putih

Cara mencegah diabetes sejak usia muda yang keempat adalah minum air putih dalam jumlah cukup dan rutin. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin dalam tubuh. Efeknya, risiko terkena diabetes akan semakin menurun. Kurangi minum minuman manis seperti soda, sirup, dan minuman tinggi gula lainnya. lalu gantilah dengan air putih.

5. Stop merokok

Cara mencegah diabetes sejak usia muda yang kelima adalah stop merokok. Merokok telah terbukti menyebabkan atau berkontribusi pada masalah kesehatan yang serius, salah satunya adalah diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari satu juta orang dengan kebiasaan merokok. Ditemukan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes sebesar 44%.

Sedangkan, pada mereka menghabiskan rokok lebih dari 20 batang dalam sehari memiliki risiko 61% menderita penyakit diabetes. Oleh karena itu, merokok sangat erat kaitannya dengan risiko menderita penyakit diabetes, terutama perokok berat.

6. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Cara mencegah diabetes sejak usia muda yang keenam adalah perbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Makan makanan yang tinggi serat sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan manajemen berat badan. Dengan mengonsumsi sumber serat yang baik setiap kali makan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan kadar insulin.

7. Menjaga porsi makan

Langkah berikutnya untuk mencegah diabetes sejak usia muda adalah dengan menjaga porsi makan Anda. Makan dengan jumlah besar akan menambah lebih banyak kalori yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin lebih tinggi, sehingga berisiko menyebabkan diabetes.

8. Rutin cek gula darah

Medical Check up secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mencegah diabetes sejak usia muda. Pemeriksaan rutin akan membantu memonitor kadar gula dalam darah serta mendeteksi lebih awal mengenai risiko penyakit diabetes. Dengan demikian, langkah pencegahan dapat dengan segera dilakukan agar diabetes tidak semakin parah.

Tanda-tanda diabetes semakin parah

Menurut website Kementerian Kesehatan (Kemenkes), diabetes seringkali muncul tanpa gejala. Namun demikian ada beberapa tanda-tanda yang harus diwaspadai bahwa diabetes diabete semakin parah.

Berikut tanda-tanda diabetes semakin parah:

1.      Sering buang air kecil, terutama jika di malam hari

2.      Mudah haus

3.      Banyak makan, mudah lapar

4.      Berat badan turun drastis

5.      Kulit kering

6.      Luka yang susah sembuh

7.      Gangguan penglihatan / penglihatan menjadi kabur

8.      Kesemutan pada tangan atau kaki

9.      Lemas dan sakit kepala

10.   Mudahnya terinfeksi jamur dan bakteri

11.   Gusi merah dan bengkak

12.   Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu

13.   Timbul gatal-gatal yang seringkali sangat mengganggu (pruritus)

Demikian tanda-tanda diabetes semakin parah dan cara mencegah diabetes sejak usia muda. Mari rutin olahraga dan jaga pola makan tetap sehat untuk mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×