kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tekanan Darah Naik Tinggi? Coba 14 Vitamin & Suplemen Ini untuk Menurunkannya


Selasa, 16 April 2024 / 08:48 WIB
Tekanan Darah Naik Tinggi? Coba 14 Vitamin & Suplemen Ini untuk Menurunkannya
ILUSTRASI. Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah silent killer karena tanda dan gejalanya tidak muncul cukup dini.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah silent killer karena tanda dan gejalanya tidak muncul cukup dini untuk memudahkan diagnosis.

Melansir Healthmatch.io, hipertensi tergolong penyakit kronis, dan salah satu penyebab utamanya adalah pola makan yang buruk. Penyakit ini menyumbang sekitar 13,6% dari angka kematian tahunan di seluruh dunia. Intervensi dini diperlukan untuk mengatasi gejalanya.

Apa yang Anda makan sangat membantu mengelola hipertensi dan menjalani hidup berkualitas dengan penyakit ini. Dokter merekomendasikan perubahan gaya hidup, kebanyakan berhubungan dengan diet, dan pengobatan untuk mengobati hipertensi.

Pengertian tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi medis di mana kekuatan darah yang bergerak melalui pembuluh darah terlalu tinggi, membuat pembuluh darah dan organ lain berpotensi mengalami kerusakan.

Saat jantung memompa darah, kekuatannya menciptakan tekanan pada pembuluh darah untuk membantunya bergerak melalui arteri untuk memasok oksigen ke setiap organ. Ketika tekanan di arteri lebih tinggi dari biasanya, itu menyempitkan arteri, membahayakan sistem peredaran darah.

Pembacaan tekanan darah normal untuk orang dewasa yang sehat adalah 120/80mm Hg ke bawah.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini Ragam Manfaat Jus Wortel untuk Tubuh

Gejala tekanan darah tinggi

Indikator tekanan darah tinggi terbaik dan paling awal adalah pembacaan tekanan darah tinggi. Gejala lain muncul ketika penyakit telah mengakar dan dapat mengancam jiwa.

Gejala-gejala ini meliputi:

1. Sakit kepala konstan
2. Kesulitan tidur
3. Mimisan
4. Berkeringat
5. Pembilasan wajah
6. Gugup
7. Masalah dengan penglihatan
8. Pusing

Ketika Anda pertama kali mendapatkan pembacaan tekanan darah tinggi, dokter Anda akan merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau tekanan darah Anda. Tekanan darah yang meningkat terus-menerus dapat disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya atau menjadi indikator hipertensi.

Baca Juga: ​8 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Anda dapat mengelola hipertensi dan tekanan darah tinggi secara terus-menerus dengan memasukkan vitamin yang membantu mengurangi tekanan darah ke dalam makanan Anda.

Apa saja vitamin yang tepat untuk penderita darah tinggi?

14 Vitamin untuk hipertensi

Mengutip Healthline, berikut adalah 14 vitamin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Minyak ikan

Minyak ikan dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar lipid darah, peradangan, dan tekanan darah tinggi. Studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dapat memperoleh manfaat dari suplemen minyak ikan dosis tinggi.

2. Probiotik

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang secara alami ditemukan di usus Anda. Suplemen yang mengandung bakteri ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah.

3. Melatonin

Melatonin adalah hormon yang dibuat oleh tubuh Anda yang juga dapat Anda konsumsi sebagai suplemen. Meskipun suplemen ini populer digunakan untuk mendorong tidur, suplemen ini juga terkait dengan manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga: 7 Buah Ini Bisa Bikin Darah Tinggi Rontok, Penderita Hipertensi Wajib Tahu

4. Teh hijau

Teh hijau dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk tingkat tekanan darah yang sehat.

5. Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen jahe dosis tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tinjauan terhadap 6 penelitian menemukan bahwa, ketika dikonsumsi dalam dosis 3 gram atau lebih per hari selama 8 minggu atau kurang, suplemen jahe secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang berusia 50 tahun ke bawah.

6. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang sangat penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk pengaturan tekanan darah.

Studi menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat - molekul pemberi sinyal yang membantu mengendurkan pembuluh darah.

7.Vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki kondisi ini.

Studi juga menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam darah dapat membantu melindungi dari tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Vitamin C Bisa Bikin Asam Urat Rontok? Ini Faktanya

8. Vitamin B

Beberapa vitamin B dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Misalnya, suplemen vitamin B2 (riboflavin) telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah pada orang dewasa dengan mutasi gen methylenetetrahydrofolate reductase (MTHFR), yang membuat tekanan darah tinggi lebih mungkin terjadi.

Suplemen asam folat dan folat – vitamin B9 – juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit jantung. Selain itu, asupan folat yang lebih tinggi pada masa dewasa muda dapat melindungi dari kondisi ini di kemudian hari.

9. Kalium

Kalium mungkin merupakan suplemen nutrisi paling terkenal untuk pengaturan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan melalui makanan atau suplemen membantu mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.

Kalium bekerja dengan mempromosikan ekskresi natrium melalui urin dan membantu pembuluh darah rileks.

Baca Juga: 7 Buah Ini Bisa Bikin Darah Tinggi Rontok, Penderita Hipertensi Wajib Tahu

10. CoQ10

Koenzim Q10 - biasa disebut CoQ10 - adalah molekul mirip vitamin yang dibuat oleh tubuh Anda dan ditemukan dalam makanan tertentu.

Ketika dikonsumsi sebagai suplemen, ini dapat membantu mengurangi tekanan darah.

11. L-arginin

L-arginin adalah asam amino yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah bila dikonsumsi sebagai suplemen.

12. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air yang dibutuhkan tubuh Anda untuk banyak proses penting. Meskipun hasil penelitian beragam, penelitian terbaru menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam tinjauan terhadap 8 penelitian pada orang dengan tekanan darah tinggi, mengonsumsi 300–1.000 mg vitamin C per hari secara signifikan mengurangi kadarnya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin C dalam darah rendah memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih tinggi daripada mereka yang memiliki kadar vitamin C optimal.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Catat

13. Bit

Atlet sering mengonsumsi suplemen bit untuk meningkatkan performa olahraga karena sayuran akar ini meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke otot Anda.

Menariknya, suplemen bit telah terbukti mengurangi tekanan darah pada orang dengan dan tanpa darah tinggi tekanan.

14. Bawang putih

Bawang putih dikaitkan dengan berbagai manfaat, termasuk penurunan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Menambahkan suplemen bawang putih ke rutinitas Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda secara alami. Faktanya, dalam tinjauan terhadap 12 penelitian, suplemen bawang putih mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing rata-rata 8,3 mmHg dan 5,5 mmHg.

Selanjutnya: 2 Resep Kue Lapis Pelangi, Jajanan Pasar Berwarna-warni yang Bertabur Kelapa Parut

Menarik Dibaca: 2 Resep Kue Lapis Pelangi, Jajanan Pasar Berwarna-warni yang Bertabur Kelapa Parut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×