kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Turunkan Asam Urat hingga Kolesterol, Ini Manfaat dan Cara Membuat Air Rebusan Sirsak


Rabu, 27 Maret 2024 / 06:43 WIB
Turunkan Asam Urat hingga Kolesterol, Ini Manfaat dan Cara Membuat Air Rebusan Sirsak
ILUSTRASI. Turunkan Asam Urat hingga Kolesterol, Ini Manfaat dan Cara Membuat Air Rebusan Sirsak.

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat kenal dengan buah sirsak. Tidak hanya daging buahnya, daun sirsak juga sudah umum dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal penurun kolesterol hingga asam urat.

Hampir semua bagian dari sirsak (Annona muricata) bisa dimanfaatkan, mulai dari daging buah, batang, hingga daun sirsak. 

Melansir Alodokter, dalam 200 gr buah sirsak, terkandung kalori hingga 110-130 kalori. Selain itu, buah sirsak juga mengandung banyak sekali nutrisi seperti: 

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C dan B
  • Mineral seperti Kalium, Magnesium, dan Kalsium

Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan.

Baca Juga: Penyebab Ambeien dan Sederet Obat Alami Buat Atasi Ambeien yang Mudah Didapat

Manfaat daun sirsak

Bagaimana dengan daun sirsak? Bagian dari tanaman sirsak ini sering diolah menjadi obat tradisional. 

Daun sirsak, bersumber dari situs desaputat.gunungkidulkab.go.id, mengandung actogenin yang dapat membunuh racun hingga menghambat pertumbuhan kanker. Berikut ini beberapa manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh.

  • Mengatasi kolesterol

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan ini dapat membantu mengontrol kandungan kolesterol dalam tubuh. 

Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak untuk mengontrol kadar kolesterol Anda.

  • Menurunkan asam urat

Selain kolesterol, air rebusan daun sirsak juga bermanfaat menurunkan asam urat tinggi. Rebus 6-10 helai daun sirsak dengan 2 sampai 3 gelas air. 

Rebus hingga air tinggal setengahnya saja. Anda bisa meminum rebusan daun sirsak ini setiap hari dalam keadaan hangat atau dingin.

  • Membantu mengatasi kanker 

Acetogenin adalah zat antikanker kuat yang terdapat pada daun sirsak. Senyawa ini dapat membantu menghambat sel-sel kanker karena memiliki cara yang hampir sama dengan obat kemoterapi. 

  • Mengatasi hipertensi  

Air rebusan daun sirsak juga memiliki manfaat yang baik untuk penderita darah tinggi atau hipertensi. 

Zat antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah agar berjalan dengan lebih lancar. Hal ini membuat tekanan darah tinggi Anda bisa kembali normal. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa merebus rebus 8 helai daun sirsak bersama dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan ini pada pagi dan malam hari, sebanyak 3 kali seminggu. 

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur, Jangan Dibiasakan!

  • Obat sariawan dan jerawat 

Manfaat daun sirsak yang lainnya adalah membantu mengatasi sariawan. Cukup dengan menumbuk daun sirsak lalu rebus dan minum air rebusannya. 

Selain itu daun sirsak juga dapat mengatasi jerawat di wajah. Anda bisa memanfaakant daun sirsak untuk digunakan sebagai masker wajah.

Caranya, tumbuk halus 6 lembar daun sirsak. Kemudian campur dengan air mawar lalu gunakan sebagai masker. Gunakan secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Efek Samping daun sirsak

Meskipun memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, daun sirsak juga memiliki efek samping yang wajib Anda perhatikan. 

Konsumsi daun sirsak secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan hati dan ginjal. 

Suplemen daun sirsak juga dapat merusak saraf. Melansir Alodokter, efek samping ini muncul jika suplemen dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Jika terjadi kerusakan pada saraf otak, bisa muncul gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Hal ini bisa menimbulkan gangguan lain yang menyerupai gejala penyakit Parkinson.

Selain itu, tidak semua orang boleh mengonsumsi daun sirsak. Beberapa kondisi yang tidak boleh mengonsumsi daun sirsak seperti menderita tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah hingga penderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati. 

Ibu hamil dan juga menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi daun sirsak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×