kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

USD Melemah Oleh Aksi Profit Taking, Bagaimana Prospeknya?


Sabtu, 25 Mei 2024 / 20:35 WIB
USD Melemah Oleh Aksi Profit Taking, Bagaimana Prospeknya?
ILUSTRASI. USD Melemah Oleh Aksi Profit Taking, Bagaimana Prospeknya? REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File photo

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada hari Jumat (24/5) karena pelaku pasar mengambil untung setelah kenaikan baru-baru ini.

Namun, dolar AS tetap berpeluang untuk menguat lebih lanjut didukung oleh data ekonomi AS yang kuat, yang telah mendorong pasar untuk mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga.

Data pada hari Jumat menunjukkan pesanan baru untuk barang modal utama buatan AS rebound lebih tinggi dari perkiraan pada bulan April dan pengiriman barang-barang ini juga meningkat, menunjukkan peningkatan belanja bisnis untuk peralatan pada awal kuartal kedua.

Hal ini mengikuti data pada Kamis yang menunjukkan aktivitas bisnis AS di bulan Mei meningkat ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun dan produsen melaporkan lonjakan harga input.

Baca Juga: Dow Jones Berbalik Arah, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi Lima Minggu Berturut

Risalah dari pertemuan terakhir Federal Reserve yang diterbitkan minggu ini menunjukkan perdebatan yang meriah di antara para pembuat kebijakan tentang apakah suku bunga saat ini cukup ketat untuk meredam inflasi.

Indeks dolar AS turun 0,3% menjadi 104,72 terhadap sekeranjang mata uang pada hari Jumat, setelah menguat dalam lima dari enam sesi perdagangan terakhir. Untuk minggu ini indeks naik 0,2%.

Euro naik 0,3% menjadi $1,08495 pada akhir perdagangan Jumat.

"Investor baru saja mengambil kesempatan untuk melihat kembali minggu ini dan mengambil beberapa keuntungan ... ini benar-benar murni permainan pemosisian," kata Boris Kovacevic, ahli strategi pasar global di perusahaan pembayaran Convera di Wina.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Tertekan Tanda Tanya Bunga The Fed

Sementara data ekonomi AS yang lebih kuat dari perkiraan telah mendorong pelaku pasar untuk menunda waktu penurunan suku bunga Fed pertama hingga September, ekspektasi penurunan suku bunga oleh bank sentral lainnya juga telah turun.

"Meskipun ekspektasi pelonggaran dari Federal Reserve telah mendingin selama seminggu terakhir, ini adalah cerita serupa untuk bank sentral di seluruh dunia - perubahan penurunan suku bunga ECB juga telah menurun setelah banyak komentar resmi sejak Senin," kata Helen Given, pedagang FX di Monex USA di Washington.

Meskipun dolar AS melemah pada hari Jumat, prospek jangka pendek untuk dolar AS tetap optimis, kata para analis.

"Tema exceptionalism AS ini masih terjadi," kata Kovacevic dari Convera.

Dolar AS naik hampir 1% minggu ini terhadap yen Jepang menjadi 156,95 yen, meskipun imbal hasil obligasi pemerintah Jepang juga naik, mencapai level tertinggi dalam satu dekade dan melampaui 1% pada tenor 10 tahun.

Baca Juga: Burger King Saingi McDonald's dengan Harga Paket Murah

Inflasi inti Jepang melambat untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan April, memenuhi ekspektasi pasar - dan tetap di atas target bank sentral - di 2,2%.

"Itu memiliki sedikit efek pada yen," kata Martin Whetton, kepala strategi pasar keuangan di Westpac di Sydney.

"Membawa dolar jauh lebih menarik," katanya, sementara retorika pembuat kebijakan juga membuat pelaku pasar khawatir tentang inflasi dan risiko penurunan suku bunga akan jauh atau kecil.

Pound Inggris naik 0,3% menjadi $1,27365 pada hari Jumat.

Data menunjukkan cuaca buruk memukul pengeluaran konsumen Inggris jauh lebih banyak dari yang diperkirakan pada bulan April, tetapi bukti inflasi yang tetap tinggi, dan pengumuman mendadak minggu ini tentang pemilihan umum bulan Juli membuat sterling mendekati level tertinggi dua bulan.

Baca Juga: Rugi 10,3% Seminggu, Harga Emas Hari Ini Mandeg (25 Mei 2024)

China memulai hari kedua latihan perang di sekitar Taiwan. Yuan China bertahan stabil di pasar luar negeri sekitar 7,2627.

Dolar Selandia Baru naik 0,4% menjadi $0,61225, didukung oleh perubahan pandangan hawkish dari Reserve Bank of New Zealand.

Di antara cryptocurrency, ether hampir flat di $3.735,90 pada hari Jumat, sehari setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS menyetujui aplikasi dari Nasdaq,

CBOE dan NYSE untuk mendaftarkan exchange-traded fund (ETF) yang terkait dengan harga ether, berpotensi membuka jalan bagi produk untuk mulai diperdagangkan akhir tahun ini. Untuk minggu ini, ether naik sekitar 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×