kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Warren Buffett Bocorkan Cara Hindari Pemborosan yang Jadi Pangkal Kemiskinan


Minggu, 07 Januari 2024 / 03:47 WIB
Warren Buffett Bocorkan Cara Hindari Pemborosan yang Jadi Pangkal Kemiskinan
ILUSTRASI. Warren Buffett memiliki cara bagaimana menghindari pemborosan yang dapat membuat seseorang tidak bisa keluar dari kemiskinan. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NASEHAT WARREN BUFFETT - Warren Buffett, salah satu investor tersukses di dunia, memiliki reputasi atas kebijaksanaan finansialnya yang sederhana namun mendalam.

Dia memiliki cara bagaimana menghindari pemborosan yang dapat membuat seseorang tidak bisa keluar dari kemiskinan. 

Dengan mengatasi jebakan keuangan umum ini, semua orang dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih tepat untuk memastikan kita mengelola uang dengan baik.

Melansir GoBankingRates, berikut 12 hal yang membuat seseorang sulit menjadi kaya raya: 

1. Sering Mengunjungi Bar dan Pub 

Pengeluaran untuk kegiatan sosial seperti minum di bar bisa bertambah. Memilih pertemuan sosial yang lebih terjangkau, seperti kumpul-kumpul di rumah, dapat membantu menghemat secara signifikan.

2. Selalu Ingin Update Teknologi Terbaru

Gadget baru mungkin menggoda, tetapi seringkali model tahun lalu juga berfungsi dengan baik. Buffett sendiri memiliki sejarah yang berpegang teguh pada teknologi fungsional daripada mencolok. Penting untuk menilai apakah pemutakhiran terbaru benar-benar memberikan nilai tambah untuk harganya.

3. Berbelanja Berlebihan pada Pakaian

Buffett, bersama dengan miliarder lainnya, condong ke arah kesederhanaan dalam pakaiannya. Memilih pakaian klasik yang tahan lama daripada merek yang mencolok dan mahal dapat menghasilkan penghematan yang signifikan.

Baca Juga: Apa Bisnis Terburuk Saat Inflasi? Ini Penjelasan Warren Buffett

4. Membeli Mobil Baru

Mobil terkenal karena depresiasinya yang cepat. Buffett merekomendasikan untuk membeli mobil bekas dan menyimpannya selama masih dapat diandalkan, alih-alih jatuh pada daya pikat model baru.

5. Keanggotaan Gym yang tidak digunakan

Buffett mempromosikan gaya hidup aktif tetapi memperingatkan terhadap keanggotaan gym yang tidak terpakai. Rutinitas kebugaran gratis atau murah bisa sama efektifnya jika dilakukan secara teratur.

6. Layanan Berlangganan yang Tidak Perlu

Layanan berlangganan, jika tidak dipantau dengan hati-hati, dapat menguras keuangan. Tinjau ini secara teratur dan batalkan yang tidak memberikan nilai.

7. Terlalu Ketergantungan pada Produk Perawatan Kulit

Buffett menyarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan kulit secara berlebihan atau tidak perlu. Menemukan rutinitas yang sederhana dan efektif dapat menghemat uang dan kulit Anda.

Baca Juga: Warren Buffett: Hasilkan Uang saat Anda Tidur atau Bekerja sampai Anda Mati

8. Terbiasa Keluar Malam 

Meskipun bersosialisasi itu penting, sering keluar malam bisa menjadi pengeluaran yang signifikan. Memilih alternatif ramah anggaran seperti makanan rumahan dan nonton film di rumah dapat menghemat biaya secara signifikan.

9. Berjudi

Meskipun judi mungkin tampak seperti jalan pintas menuju kekayaan, Buffett menekankan pentingnya memahami peluang. Dia mendesak orang untuk membuat keputusan keuangan yang mendukung akumulasi kekayaan jangka panjang mereka, bukan kesenangan sesaat.

10. Merokok

Merokok, di luar implikasi kesehatannya, adalah kebiasaan yang mahal. Berhenti dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam anggaran pribadi Anda.

11. Mengabaikan Pengembangan Pribadi

Menurut Buffett, investasi terbaik yang dapat dilakukan seseorang adalah pada diri sendiri. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan dapat meningkatkan potensi penghasilan secara signifikan. Pengetahuan dan kemampuan adalah aset yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dari Anda.

12. Mengandalkan Kartu Kredit

Kartu kredit memang nyaman, tetapi suku bunga tinggi dapat dengan cepat membayangi keuntungan apa pun jika Anda tidak membayar saldo penuh setiap bulan. Buffett menyarankan untuk tidak melakukan pengeluaran yang tidak perlu yang dapat menyebabkan hutang kartu kredit.

Baca Juga: Warren Buffett Panen Besar! Berkshire Hathaway Catat Laba Tertinggi Sepanjang Masa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×