kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Efektif, Inilah 6 Obat Herbal untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Kamis, 18 April 2024 / 16:11 WIB
Efektif, Inilah 6 Obat Herbal untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Kapulaga

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali daftar obat herbal untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tubuh dengan tekanan darah yang tinggi tentu memicu gangguan kesehatan lain.

Salah satu cara mengobati hipertensi adalah penggunaan obat herbal tekanan darah tinggi. Kini sudah banyak penelitian yang menemukan banyak bahan alami yang cukup mudah untuk dikonsumsi sebagai obat hipertensi.

Tekanan darah tinggi menyulitkan jantung untuk mengantar darah ke seluruh bagian tubuh. Tentunya, darah berisi oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan sel-sel di seluruh tubuh untuk bisa berfungsi secara optimal.

Penyakit ini bagaikan monster yang mengintai jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, berpotensi menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan serius.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 5 Hal Penting

Rempah Indonesia Mendunia

Obat herbal hipertensi

Apabila Anda memiliki hipertensi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat-obatan herbal atau alternatif.

Kabar baiknya, alam menyediakan solusi herbal untuk membantu mengendalikan hipertensi. Beragam tanaman dan rempah-rempah alami telah lama dipercaya memiliki khasiat penurun tekanan darah.

Meskipun beberapa tanaman dan herbal telah diketahui memiliki potensi untuk membantu mengelola tekanan darah, ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti perawatan medis.

Selain itu, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda konsumsi supaya tekanan darah bisa lebih bisa terkontrol.

Untuk itu, daftar obat herbal untuk tekanan darah tinggi yang bisa dicoba dilansir dari laman Healthline.

Baca Juga: Ingin Menghilangkan Serangan Asam Urat di Kaki? Lakukan 12 Cara Alami Ini

1. Jahe

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengendurkan dinding-dinding pembuluh darah, sehingga membantu mengontrol tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan dapat mengurangi tekanan darah dalam beberapa cara.

2. Bawang Putih

Bawang putih, dengan kandungan antiinflamasi yang dimilikinya, dapat secara efektif menurunkan tekanan darah dengan membuat otot jantung menjadi lebih rileks, mencegah hipertensi.

Selain itu, bawang putih mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin, baik langsung maupun dicampurkan dalam berbagai hidangan.

3. Daun Basil

Daun basil, kaya akan senyawa kuat seperti eugenol, telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Eugenol bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, merilekskan pembuluh darah, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Studi menunjukkan bahwa ekstrak selasih membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengencerkan darah, efek yang berkontribusi pada penurunan tekanan darah.

4. Kapulaga

Kapulaga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan setelah dikonsumsi selama periode tertentu. Anda dapat mencampurkannya dengan minuman atau hidangan lain untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Kayu Manis

Kayu manis juga terbukti dapat membantu mengontrol tekanan darah. Anda dapat menambahkan kayu manis ke dalam teh, smoothies, atau makanan dan minuman lainnya untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Kemangi

Seperti daun basil, kemangi juga mengandung eugenol yang dapat mencegah pembuluh darah menjadi kencang dan merilekskan mereka, menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kemangi juga memiliki manfaat lain seperti mengobati flu atau pilek. Anda dapat mencampurkannya dengan teh atau hidangan lain untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa obat herbal untuk tekanan darah tinggi yang mudah ditemui dan dikonsumsi dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×