kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ingin Diet Rendah Karbohidrat? Konsumsi 13 Buah & Sayur Rendah Gula Ini


Senin, 29 April 2024 / 06:31 WIB
Ingin Diet Rendah Karbohidrat? Konsumsi 13 Buah & Sayur Rendah Gula Ini
ILUSTRASI. Stroberi masuk dalam daftar buah dan sayuran rendah gula, cocok dikonsumsi oleh mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Setiap orang harus mendapatkan asupan buah dan sayur yang cukup setiap harinya. Bagi sebagian orang, ini menjadi tantangan sendiri.

Buah-buahan dan sayuran tidak hanya mengandung nutrisi yang mendukung fungsi tubuh kita sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa makanan ini dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu dan penyakit kronis lainnya.

Selain memberikan manfaat kesehatan tersebut, buah-buahan dan sayuran segar umumnya rendah lemak dan kalori. Sehingga, keduanya menjadi pilihan yang menarik bagi orang-orang yang memperhatikan berat badan mereka. 

Namun, beberapa pelaku diet mungkin harus mewaspadai buah dan sayur yang dikonsumsi. Apalagi jika mereka mencoba mengurangi karbohidrat. 

Seperti yang diketahui, buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung karbohidrat. Yang perlu diperhatikan, buah-buahan dan sayuran mengandung jumlah karbohidrat yang bervariasi.

Jadi, dengan memilih buah dan sayur yang tepat, dalam jumlah yang tepat, berarti Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari makanan lezat ini sambil mengurangi karbohidrat.

Berikut adalah daftar buah dan sayuran rendah gula yang cocok dikonsumsi oleh mereka yang tengah melakukan diet rendah karbohidrat, seperti yang dikutip dari Healthline dan Stylecraze:

Baca Juga: Ini 9 Buah yang Baik untuk Kesehatan Ginjal, Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi

1. Apel

Apel sangat bergizi. Sebuah apel berukuran sedang (182 g) mengandung 19 g gula, 25 g karbohidrat, dan 5 g serat. Fitokimia dalam apel mendukung pengelolaan berat badan, ramah diabetes, dan membantu meningkatkan kesehatan tulang, paru-paru, dan pencernaan. 

2. Stroberi

Seperti buah beri lainnya, stroberi rendah gula dan tinggi serat. Satu cangkir stroberi utuh (144 g) hanya mengandung 7 g gula dan 3 g serat. Stroberi kaya akan vitamin C (antioksidan) dan mineral seperti potasium, kalsium, fosfor, magnesium. 

3. Semangka

Semangka kaya akan air, serat makanan, dan antioksidan. Secangkir semangka (154 g) hanya mengandung 9,55 g gula dan 141 g air. Semangka juga kaya akan vitamin A, vitamin C, likopen, folat, kolin, kalsium, magnesium, dan fosfor. Ini baik untuk mengatur berat badan karena meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi BMI dan tekanan darah.

Baca Juga: Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Cek 9 Khasiat Kulit Lemon yang Tersembunyi

4. Jeruk

Jeruk besar (184 g) mengandung 17 g gula, 4,42 g serat makanan, dan 160 g air (10). Seperti buah jeruk lainnya, jeruk kaya antioksidan karena kaya akan vitamin C. Buah-buahan ini juga kaya akan vitamin A, beta karoten, lutein dan zeaxanthin, kalsium, folat, magnesium, dan potasium. 

5. Blackberry

Blackberry memiliki kandungan gula paling rendah di antara semua buah beri. Ukuran porsi 100 g blackberry hanya mengandung 5 g gula, 5 g serat, dan 10 g total karbohidrat.

Blackberry telah terbukti meningkatkan oksidasi lemak dan meningkatkan sensitivitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan dan obesitas. Blackberry juga memiliki efek anti-diabetes.

6. Jeruk Bali

Jeruk Bali adalah buah rendah gula dan tinggi air yang cocok untuk menu sarapan. Ukuran porsi 100 g jeruk bali hanya mengandung 7 g gula. Buah ini juga mengandung vitamin C.

7. Persik

Camilan yang manis dan berair, ternyata buah persik tidak mengandung terlalu banyak karbohidrat. Untuk setiap 100 g buah, Anda akan mendapatkan 9,54 g karbohidrat dan 1,5 g serat, hanya menghasilkan 8,04 g karbohidrat. 

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Pasien Diabetes, Ini 3 Cara Menurunkan Gula Darah saat Pagi Hari

8. Mentimun

Mentimun adalah makanan tambahan yang menyegarkan dan bergizi. Buah ini hanya mengandung 2,16 g karbohidrat untuk setiap 100 g. Jika Anda lebih suka dengan kulitnya, itu berarti 3,63 g, yang masih cukup rendah.

9. Seledri

Seledri memiliki jumlah karbohidrat 2,97 g per 100 g. Nikmati sayuran serbaguna ini dengan salad atau diisi dengan selai kacang tanpa pemanis.

10. Jamur putih

Jamur hanya mengandung 3,26 g karbohidrat per 100 g. Tambahkan ke dalam telur dadar putih telur untuk sarapan sehat dan rendah karbohidrat.

Baca Juga: Hemoglobin Rendah Bikin Kliyengan, Ini 7 Makanan Pendongkrak Hemoglobin

11. Bayam

Untuk setiap 100 g bayam, Anda akan mendapatkan 3,63 g karbohidrat. Sebagai gambaran, itu hanya sekitar 1 g per cangkir. 

12. Brokoli

Brokoli mentah mengandung 6,64 g karbohidrat dan 2,6 g serat, hanya menghasilkan 4,04 g karbohidrat per 100 g. 

Itulah daftar sayur dan buah yang rendah gula dan cocok dimasukkan dalam menu diet rendah karbohidrat Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×