kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 8 Buah Tinggi Purin dan Fruktosa yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat


Sabtu, 30 Maret 2024 / 13:00 WIB
Ini 8 Buah Tinggi Purin dan Fruktosa yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Buah Tinggi Purin dan Fruktosa Penyebab Asam Urat.

Penulis: Virdita Ratriani

Buah Tinggi Purin dan Fruktosa Daftar buah tinggi purin yang bisa menjadi penyebab asam urat perlu diketahui oleh penderita penyakit tersebut. Perlu diketahui bahwa purin adalah hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat. 

Kristal asam urat ini dapat menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal atau saluran kencing. Sehingga, makanan tinggi purin termasuk buah-buahan mengandung purin tinggi perlu diketahui oleh penderita asam urat. 

Pasalnya, jika terlalu banyak purin yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kenaikan kadar asam urat dalam darah. Kategori makanan tinggi purin adalah makanan yang mengandung 100 hingga 1.000 mg purin per 100 gram.

Baca Juga: 9 Obat yang Tidak Membatalkan Puasa Menurut Kemenkes, Cek Daftarnya

Sementara penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi makanan tinggi purin sekitar 100 hingga 150 mg per hari. Selain membatasi konsumsi makanan tinggi purin, penderita asam urat juga perlu membatasi konsumsi buah tinggi fruktosa. 

Pasalnya, fruktosa merupakan salah satu bahan yang meningkatkan produksi asam urat dalam darah

Lalu, buah tinggi purin apa saja? 

Baca Juga: 5 Obat Asam Urat Alami ala Kemenkes, Tanpa Efek Samping

Daftar buah tinggi purin dan fruktosa 

Kismis adalah salah satu buah tinggi purin

Dirangkum dari laman Hindustan Times dan Grid.id, berikut adalah daftar buah tinggi purin: 

1. Kismis 

Kismis adalah makanan yang terbuat dari anggur yang dikeringkan. Sementara buah anggur termasuk buah yang mengandung purin tinggi. 

Mengonsumsi kismis dan buah anggur yang berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, kismis juga mengandung fruktosa 26,54 gram per 100 gram. 

Baca Juga: Catat Obat Batuk yang Ampuh, Ada 7 Bahan Alami

2. Anggur 

Anggur adalah salah satu buah tinggi purin yang sebaiknya dibatasi untuk dikonsumsi penderita asam urat. Pasalnya, anggur juga mengandung banyak fruktosa yang bisa meningkatkan produksi asam urat dalam darah.

Para peneliti melaporkan adanya korelasi antara makanan tinggi fruktosa dan gejala asam urat, yang juga mencakup kondisi nyeri kronis.

3. Nangka

Nangka juga menjadi salah satu buah tinggi purin yang sebaiknya dihindari penderita asam urat. Nangka adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia memiliki sejumlah kandungan nutrisi penting seperti vitamin C, asam folat (vitamin B9), magnesium, dan kalium.

Namun, penderita asam urat sebaiknya membatasi atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi nangka. Kadar purin yang tinggi dalam buah ini, dapat menyebabkan kekambuhan.

Baca Juga: Ingin Turunkan Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi? Cek 13 Cara Ampuhnya

4. Durian

Durian juga menjadi buah yang sebaiknya dihindari penderita asam urat pasalnya terdapat kandungan kolesterol yang tinggi di durian.

Selain meningkatkan kadar kolesterol, makan durian yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kekambuhan asam urat.

5. Nanas

Buah nanas juga menjadi salah satu buah penyebab asam urat yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Nanas mempunyai kandungan serat dan vitamin yang tinggi, sehingga baik bagi kesehatan. 

Akan tetapi, gula alami dalam nanas bisa berubah menjadi alkohol saat ada di dalam sistem pencernaan. Alkohol yang terbentuk secara alami tersebut, dapat memicu kenaikan kadar asam urat.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

6. Asam jawa 

Asam jawa juga menjadi salah satu buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Pasalnya, asam jawa memiliki kandungan fruktosa tinggi. 

Kandungan fruktosa dalam asam jawa adalah 12,31 gram per 100 gram. Meskipun asam jawa memiliki manfaat kesehatan, namun tidak disarankan bagi penderita asam urat. 

Jumlah fruktosa merangsang produksi asam urat yang menyebabkan konsekuensi lebih buruk.

7. Sawo 

Sawo juga termasuk dalam buah yang perlu dihindari penderita asam urat. Rasanya yang manis lantaran kandungan fruktosa dalam sawo yang cukup tinggi. 

Sawo mengandung fruktosa sebanyak 8,6 gram per 100 gram. 

Baca Juga: Apa Saja Gejala Asam Urat di Jempol Kaki? Cek Juga Cara Ampuh Mengobatinya

8. Kurma 

Kurma merupakan buah yang rendah purin namun mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi. Mengonsumsi kurma bisa berisiko karena dapat mengubah jumlah asam urat dalam darah Anda.

Demikian penjelasan mengenai buah penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari. 

Selanjutnya: KAI Tambah 49 Perjalanan Kereta Api pada Long Weekend 28-31 Maret

Menarik Dibaca: Merokok saat Puasa Ramadan, Apakah Sah atau Tidak? Begini Kata Ulama!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×