kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes hingga Jantung saat Lebaran


Rabu, 10 April 2024 / 10:45 WIB
4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes hingga Jantung saat Lebaran
ILUSTRASI. 4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes hingga Jantung saat Lebaran.

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Penderita penyakit tidak menular atau PTM wajib memperhatikan asupan makanan saat Lebaran mengingat banyak hidangan khas Idul Fitri yang mengandung kalori dan lemak tinggi.

Penderita PTM seperti, jantung koroner, diabetes, kanker, hingga stroke dan penyakit paru obstrukstif kronis , wajib berhati-hati dan tidak kalap saat menyantap sajian Lebaran. 

Niken Sasadhara Sasmita, dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), menjelaskan ada beberapa makanan khas Lebaran identik dengan kadar kolesterol yang tinggi yang tidak baik untuk penderita PTM.

“Makanan jenis ini bisa menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah, sehingga pembuluh darah akan mengalami penyempitan dan pengerasan,” jelasnya, dikutip dari situs Unesa (9/4)

Baca Juga: Daftar Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan, Catat 10 Fakta Menarik Ini

Makanan bersantan

Makanan yang mengandung santan merupakan makanan berlemak yang sering dijumpai saat Lebaran. Opor ayam, gulai, dan sayur lodeh misalnya, menjadi penyumbang kolesterol yang mengandung lemak yang tinggi. 

Hal ini diperburuk jika masakan bersantan dihangatkan berkali-kali dapat menghilangkan nutrisi dan memicu kolesterol jahat.

“Makanan yang bersantan sebaiknya sekali masak untuk sekali makan. Kalau dihangatkan berulang ini bisa bahaya. Bisa membuat asam lemaknya berubah jadi lemak jenuh dan susah dicerna tubuh,” ucap Niken.

Gorengan

Walaupun tidak terlalu banyak disajikan saat Lebaran, makanan yang digoreng seperti keripik, ayam goreng, dan lainnya merupakan makanan khas Lebaran yang juga berbahaya. 

Sama seperti makanan bersantan, kandungan lemak dari makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang selanjutnya dapat menyebabkan pengendapan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

Makanan manis

Makanan manis punya kalori yang tinggi seperti permen dan kue. Kadar insulin yang meningkat akibat kandungan gula yang tinggi akan membuat tubuh gampang lelah dan capek, sehingga menaikkan berat badan secara cepat. 

“Bertambahnya gula dalam darah akan membuat orang terkena hipertensi, dan resikonya itu bisa lebih parah untuk penderita diabetes,” tandasnya.

Baca Juga: Baik Untuk Gula Darah, Cek Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Ini

Makanan yang asin

Niken juga mengungkap bahwa makanan asin dapat menyebabkan gangguan jantung yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. 

Dia menyarankan untuk mengontrol asupan makanan asin dan mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.

“Selain makanan yang manis, makanan asin banyak kita temui seperti kacang asin bahkan rendang yang sudah menjadi hidangan wajib saat Lebaran, yang itu bisa membuat tekanan darah jadi tinggi dan memicu kolesterol,” tambahnya.

Dosen kelahiran Surabaya itu juga mengingatkan untuk senantiasa berolahraga di tengah suasana Lebaran untuk membakar kalori agar tubuh bugar bahkan terhindar dari PTM. Selain itu, agar tubuh tetap sehat dan bugar.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×