kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Baik Untuk Gula Darah, Cek Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Ini


Selasa, 09 April 2024 / 17:30 WIB
Baik Untuk Gula Darah, Cek Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Ini
ILUSTRASI. Bawang putih

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Bawang Putih - Banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang telah teruji khasiatnya. Tak heran, manfaat bawang putih menarik perhatian untuk diketahui.

Bawang putih (Allium sativum) tidak hanya menjadi bumbu dapur yang populer, tetapi juga telah dikenal sebagai ramuan obat tradisional sejak zaman dahulu. 

Berbagai penelitian ilmiah telah mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Simak 6 Tips Mudik Lebaran 2024 yang Pemudik Wajib Ketahui

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Konsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari infeksi.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu melonggarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

Efek Antiinflamasi

Senyawa sulfur dalam bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti arthritis.

Pengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Senyawa dalam bawang putih dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Senyawa sulfur dalam bawang putih telah dikaitkan dengan kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Bawang putih, khususnya dalam diet seimbang, dapat memberikan kontribusi dalam melawan beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan usus.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang putih dapat membantu melawan pembekuan darah dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Melawan Infeksi

Sifat antimikroba bawang putih membuatnya menjadi senjata alami melawan infeksi, termasuk infeksi saluran pernapasan seperti flu dan pilek. Mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat mendukung kesehatan tulang, seperti diallyl disulfide. Ini dapat membantu mengurangi kerusakan tulang dan risiko osteoporosis.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Senyawa dalam bawang putih dapat memiliki efek protektif pada sel-sel saraf.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Bisa Dicoba Saat Mudik Lebaran 2024, Catat!

Pengelolaan Berat Badan

Bawang putih dapat membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Ini dapat menjadi tambahan yang baik dalam program penurunan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×