kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,38   -5,13   -0.56%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

​5 Buah yang Menyebabkan Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari Penderita Maag


Jumat, 15 Maret 2024 / 11:01 WIB
​5 Buah yang Menyebabkan Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari Penderita Maag
ILUSTRASI. Tomat Salah Satu Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik.

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik adalah kondisi saat asam lambung naik dari perut ke area kerongkongan, yang salah satu pemicunya bisa berasal dari makanan. Untuk itu, perlu dicermati beberapa buah yang menyebabkan asam lambung naik.  

Penyebab asam lambung naik di antaranya adalah setelah makan makanan berat terlalu banyak, membungkukan badan, serta berbaring terutama terlentang.

Kemudian penyebab lain asam lambung naik seperti hormon kehamilan, merokok, efek samping obat-obatan, serta minuman soda dan alkohol.

Lalu, apa saja buah yang menyebabkan asam lambung naik? 

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Jadi Menu Diet Asam Lambung, GERD Pergi Jauh

Buah yang menyebabkan asam lambung naik 


Jeruk adalah Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Dirangkum dari laman Surgical Consultants of Northern Virginia dan Fakultas Kedokteran UI, berikut adalah buah yang menyebabkan asam lambung naik: 

1. Tomat

Tomat sangat menyehatkan, namun juga menjadi salah satu buah yang menyebabkan asam lambung naik. Tomat mengandung dua jenis asam yakni asam sitrat dan asam malat, yang memicu heartburn atau rasa sakit terbakar di dada bagian atas dan tengah. 

Konsumsi tomat juga bisa membuat perut memproduksi asam lambung untuk memecahnya di dalam lambung. 

Untuk itu, gunakan saus pasta, saus tomat, dan bumbu berbahan tomat lainnya dengan hati-hati untuk menghindari asam lambung naik. 

Baca Juga: Penyebab Asam Lambung saat Puasa dan Tips Memilih Menu Berbuka yang Aman Buat Maag

2. Jeruk dan lemon

Jeruk dan lemon juga termasuk dalam buah yang menyebabkan asam lambung naik. Pasalnya, jeruk dan lemon juga mengandung asam sitrat yang tinggi. 

Asam sitrat dalam buah jeruk akan memicu gejala refluks karena mengendurkan sfingter esofagus dan memperburuk gejala asam lambung naik. 

Sfingter esofagus adalah otot yang berfungsi mencegah isi lambung naik ke kerongkongan. Jika sfingter esofagus mengendur, maka cairan dan isi lambung dapat kembali naik ke kerongkongan. 

Buah jeruk juga mengandung lebih banyak asam dibandingkan buah lainnya, yang akan menimbulkan gejala asam lambung naik. 

Baca Juga: Satu Rempah Dapur Ini Terlarang Bagi Penderita Asam Lambung

3. Anggur 

Selanjutnya, anggur juga menjadi salah satu buah yang menyebabkan asam lambung naik. Sama halnya dengan jeruk dan lemon, anggur dapat memicu gejala asam lambung naik karena kandungana asamnya. 

4. Nanas

Buah yang menyebabkan asam lambung naik adalah buah nanas. Dilansir Healthline, meski memiliki banyak manfaat kesehatan, nanas ini sangat asam. 

Buah nanas memiliki skor keasaman antara 3 dan 4 pada skala pH. Skor 7 adalah netral dan skor yang lebih tinggi dari itu bersifat basa. 

Namun, pengaruh nanas terhadap kondisi asam lambung tergantung pada orangnya. Sebagian orang yang memiliki riwayat asam lambung masih dapat makan nanas dalam porsi wajar.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok

5. Apel hijau

Apel sebenarnya adalah buah yang aman dikonsumsi oleh penderita maag atau gerd. Namun, apel hijau ternyata menjadi salah satu buah yang menyebabkan asam lambung naik. 

Dikutip dari Medical News Today, apel hijau memiliki tingkat keasaman lebih tinggi dibandingkan apel merah. Keasaman ini dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk gejala asam lambung naik. 

Demikian informasi mengenai buah yang menyebabkan asam lambung naik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×