kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Manfaat Air Nanas untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya


Selasa, 16 April 2024 / 10:52 WIB
5 Manfaat Air Nanas untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya
ILUSTRASI. Air nanas untuk kesehatan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami sederet manfaat air nanas untuk kesehatan. Konsumsi buah tentu bisa dimanfaatkan lewat berbagai langkah cara.

Air nanas merupakan minuman yang dibuat dari perasan buah nanas segar. Buah nanas diperas untuk menghasilkan jusnya, yang kemudian disaring untuk mendapatkan airnya.

Air nanas sering kali memiliki rasa manis alami dari buah nanas, dan dapat diminum sebagai minuman segar atau dicampur dengan bahan lain untuk membuat koktail atau minuman penyegar lainnya.

Selain memiliki rasa yang segar dan enak, air nanas juga dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi dan enzim yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: 5 Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh, Aman Dikonsumsi Saat Mendesak

Nanas

Namun, perlu diingat bahwa ketika buah direndam sedikit dalam air, jumlah nutrisi yang transfer ke minuman relatif rendah.

Anda bisa mengubah ini dengan tidak membuang air nanas, melainkan menambahkan potongan buah utuh ke dalam gelas Anda.

Tidak ada banyak penelitian yang secara khusus mengenai air nanas, tetapi inilah yang diketahui tentang manfaat potensialnya.

Lalu apa saja manfaat minum air untuk kesehatan? Ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan manfaatnya.

Baca Juga: 9 Buah untuk Penyembuhan Radang Tenggorokan sampai Flu

Cek manfaat air nanas untuk kesehatan yang belum banyak orang tahu, dirangkum dari laman The Healthy.

1. Hidari Tubuh

Pertama, air nanas menghidrasi tubuh, yang sangat penting untuk berfungsi dengan baik. Rata-rata orang dewasa di AS minum kurang dari lima cangkir air per hari, jauh lebih sedikit dari asupan yang direkomendasikan. Menambahkan rasa manis seperti nanas ke air dapat membuat minum air lebih menarik dan enak.

2. Imunitas Tubuh

Kedua, air nanas dapat memberikan sedikit dorongan kekebalan. Nanas adalah sumber yang bagus untuk vitamin C dan mangan, yang keduanya memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan. Memang, per cangkir air nanas, Anda mendapatkan jumlah vitamin C yang signifikan.

3. Lawan Peradangan

Selain itu, nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi orang dengan peradangan kronis atau gejala sinusitis akut.

4. Rendah gula

Air nanas juga bisa menjadi alternatif rendah gula untuk minuman bersoda. Kebanyakan minuman bersoda mengandung gula tambahan, jadi membuat air nanas berkarbonasi bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

5. Baik untuk Pencernaan

Terakhir, nanas juga mengandung enzim pencernaan alami yang membantu tubuh mencerna makanan. Minum air nanas di antara makanan dapat membantu mendukung pencernaan yang sehat.

Minum air yang mengandung buah adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dosis vitamin harian dan juga akan membantu untuk mencapai tujuan hidrasi harian dengan cara yang menyegarkan dan lezat.

Anda dapat mencoba Air infus nanas yang merupakan pilihan yang tepat saat mencari cara cepat dan mudah untuk mendapatkan dosis vitamin harian. 

Membuat Air Nanas

Untuk membuat air nanas bersoda, tambahkan potongan nanas segar ke dalam blender atau food processor dan haluskan hingga halus. Tuang ke dalam teko atau toples bertutup dan dinginkan semalaman.

Keesokan harinya, saring melalui saringan jaring halus ke dalam gelas berisi es. Sajikan segera atau tuangkan ke dalam gelas dingin dan taburi dengan soda klub atau air soda

Demikian penjelasan terkait sederet manfaat minum air nanas untuk kesehatan yang dapat dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×