kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar


Selasa, 26 Maret 2024 / 15:35 WIB
6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar
ILUSTRASI. Daun Bidara

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun bidara untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat daun bidara juga cukup menarik perhatian karena teruji khasiatnya.

Daun bidara, atau yang dikenal juga dengan sebutan "belerang," adalah tanaman yang tumbuh secara alami di berbagai wilayah tropis di seluruh dunia. 

Daun bidara ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional dan digunakan oleh berbagai budaya untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan.

Baca Juga: Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik

Melansir dari MedicineNet, berikut beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh:

Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat utama daun bidara adalah kemampuannya dalam meredakan masalah pencernaan. Daun ini mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung. Daun bidara mengandung zat aktif seperti tannin, flavonoid, dan saponin yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, membantu melindungi saluran pencernaan Anda.

Baca Juga: Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun bidara juga memiliki sifat imunomodulator, yang berarti mereka dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Kandungan fitokimia dalam daun bidara membantu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi.

Antiinflamasi Alami

Kandungan antiinflamasi dalam daun bidara membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan yang berkepanjangan dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker. Dengan mengonsumsi daun bidara secara teratur, Anda dapat membantu mengurangi risiko peradangan berkepanjangan.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Penting Ini

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun bidara dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan senyawa dalam daun bidara dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat berkontribusi pada pengendalian tekanan darah Anda.

Antioksidan Kuat

Daun bidara mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan. Dengan mengonsumsi daun bidara, Anda dapat membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit, Coba 10 Hal Alami Ini

Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan fitokimia dalam daun bidara juga dapat mendukung kesehatan jantung. Mereka membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×