kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik


Senin, 25 Maret 2024 / 13:31 WIB
Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik
ILUSTRASI. Bawang putih

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Bawang Putih - Manfaat bawang putih untuk kesehatan bisa mudah didapatkan jika rutin dan dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat bawang putih juga teruji khasiatnya oleh berbagai uji klinis.

Bawang putih, atau Allium sativum, adalah salah satu bahan makanan yang telah digunakan sejak zaman kuno karena khasiat kesehatannya. 

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sering digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Selain memberikan rasa yang lezat pada hidangan, bawang putih juga terkenal dengan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Cocok Dijadikan Takjil, Ini Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Melansir dari Healthline, Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki beberapa manfaat kesehatan yang nyata, seperti perlindungan terhadap flu biasa dan kemampuan membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Selain itu, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bawang putih telah lama diakui karena kemampuannya dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Ini terutama disebabkan oleh senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Tak Terduga

Efek Antibakteri dan Antivirus

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Ini dapat menjadi pertahanan alami tubuh Anda terhadap berbagai penyakit infeksi, termasuk flu, pilek, dan infeksi saluran pernapasan.

Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker lambung, usus besar, dan payudara. Senyawa-senyawa seperti allicin, ajoene, dan diallyl sulfide dalam bawang putih memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel dan pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih dikenal sebagai stimulan sistem kekebalan tubuh yang baik. Senyawa dalam bawang putih dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan. Ini adalah alasan mengapa bawang putih sering digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Banyak Khasiatnya!

Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih dapat membantu dalam pengendalian tekanan darah tinggi atau hipertensi. Senyawa allicin bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan tekanan darah tinggi, seperti stroke dan serangan jantung.

Efek Anti-inflamasi

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini adalah hal yang penting karena peradangan kronis dapat berperan dalam perkembangan berbagai penyakit kronis, termasuk arthritis, penyakit jantung, dan kanker.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sementara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik Perhatian

Melancarkan Pencernaan

Bawang putih juga dapat mendukung pencernaan yang sehat. Senyawa dalam bawang putih dapat merangsang produksi enzim pencernaan yang membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat prebiotik, yang membantu pertumbuhan bakteri sehat dalam usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×