kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,77   -3,77   -0.42%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar


Senin, 25 Maret 2024 / 13:31 WIB
Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar
ILUSTRASI. Manfaat labu kuning untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Labu Kuning  - Manfaat labu kuning untuk kesehatan bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat labu kuning juga telah teruji khasiatnya.

Labu kuning, seringkali dianggap sebagai simbol musim gugur dan Halloween, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Tak hanya itu, Labu kuning  yang segar ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Baca Juga: Cocok Dijadikan Takjil, Ini Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Tak berhenti disitu, labu kuning juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Melansir dari Healthline, labu kuning adalah sayuran sehat dan serbaguna yang kaya akan berbagai nutrisi, termasuk serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Nutrisi Penting

Labu kuning mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral esensial. Ini termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, riboflavin, folat, niacin, kalium, tembaga, mangan, dan besi. Vitamin A dalam labu kuning, dalam bentuk beta-karoten, sangat baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Apa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Tak Terduga

Meningkatkan Kesehatan Mata

Sebagian besar vitamin A dalam labu kuning berasal dari beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi labu kuning secara teratur dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan menjaga penglihatan yang baik.

Mendukung Kesehatan Jantung

Labu kuning mengandung potasium, serat, dan antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Potasium dapat membantu mengatur tekanan darah, sedangkan serat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Menurunkan Berat Badan

Labu kuning rendah kalori dan tinggi serat, sehingga sangat cocok sebagai makanan dalam program penurunan berat badan. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Banyak Khasiatnya!

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam labu kuning adalah antioksidan yang kuat, yang membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas. Ini juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang mendukung kesehatan kulit dan jaringan ikat.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan E dalam labu kuning juga membantu memperbaiki dan memelihara kesehatan kulit. Mereka membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Labu kuning mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam metabolisme kalsium dan pembentukan tulang yang sehat. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

Baca Juga: Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik Perhatian

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dalam labu kuning, termasuk beta-karoten dan karotenoid lainnya, telah terbukti dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker mulut.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam labu kuning membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Makanan tinggi serat seperti labu kuning juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Menyediakan Energi Alami

Labu kuning mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang tahan lama. Ini dapat membantu Anda menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×