kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,58   -7,93   -0.79%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Cara Mengurangi Stres Dalam Waktu Lima Menit


Senin, 15 Januari 2024 / 16:30 WIB
7 Cara Mengurangi Stres Dalam Waktu Lima Menit
ILUSTRASI. Stres

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MENGURANGI STRES DALAM WAKTU CEPAT - Stres harus dikelola dengan baik agar tidak memicu penyakit kronis. Ini tujuh cara mengurangi stres dalam waktu lima menit. 

Selain pekerjaan yang menumpuk, hubungan yang buruk dengan pasangan, keluarga, atau tuntutan lingkungan sekitar bisa membuat seseorang menjadi stres. 

Baca Juga: Ini Penyakit yang Kerap Dianggap Masuk Angin

Mengutip dari Mayo Clinic, stres yang tidak diatasi dengan benar sampai tuntas bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan obesitas, dan diabetes. 

Apakah Anda tergolong orang yang mudah terserang stres? 

Jangan khawatir, sebab ada cara alami yang efektif mengurangi stres dalam waktu lima menit yakni:

1. Minum air 

Mengutip dari Health Shots, saat Anda terserang stres ada baiknya untuk minum segelas air. 

Tubuh yang terhidrasi penting untuk kesejahteraan tubuh secara keseluruhan dan bisa mengurangi stres secara signifikan. 

2. Tarik napas dalam-dalam 

Latihan pernapasan bisa mengurangi stres dengan cepat. 

Tindakan memperlambat napas dengan sengaja memicu respons relaksasi tubuh. 

Anda bisa menarik napas dalam-dalam melalui hidung lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. 

3. Mendengarkan musik 

Musik memberikan efek positif pada emosi dan menjadi cara ampuh untuk mengelola stres. 

Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa musik bertindak sebagai terapi. 

4. Melakukan poses child (yoga) 

Pose child dalam yoga merupakan pose yoga yang efektif meningkatkan relaksasi. 

Untuk mencapai pose ini, Anda berlutut di lantai, duduk bersandar, lalu raih ke depan dengan tangan sambil menurunkan tulang pipi. 

5. Pasang lilin beraroma 

Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Perpustakaan Nasional menunjukkan Menghirup aromaterapi bisa membantu mengelola stres. 

6. Jalan-jalan 

Berjalan kaki selama lima menit setiap e-5 jam sekali sehari bisa meningkatkan mood. 

Kombinasi udara segar, cahaya alami, dan kebugaran bisa membantu mengelola stres. 

7. Mindfulness 

Meluangkan beberapa menit untuk melatih kesadaran bisa membantu Anda melepaskan diri dari pikiran yang membuat stres. 

Anda coba untuk menutup mata dan fokus pada pernapasan, cara ini bisa membantu mengurangi rasa cemas dan menciptakan rasa tenang. 

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah! Ini Tanda-Tanda Perempuan Kehilangan Gairah Seks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×