kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Petai Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Jahat


Selasa, 16 April 2024 / 17:45 WIB
7 Manfaat Petai Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Jahat
ILUSTRASI. Petai

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat petai untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat petai untuk kesehatan cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Manfaat yang didapatkan saat mengkonsumsi petai berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, di Indonesia petai merupakan makanan yang cukup populer sebagai lalapan hingga diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam petai sendiri di antaraya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Gak Usah Ragu! Ini 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Melimpahnya kandungan nutrisi dalam petai, tak heran mengkonsumsi petai bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat petai untuk kesehatan?

Melansir dari JewelPie, berikut beberapa manfaat petai untuk kesehatan:

Menurunkan Kolesterol

Petai mengandung cukup banyak serat yang dikaitkan dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Selain itu, mengkonsumsi petai juga mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan respons insulin yang berarti dapat membantu Anda mengatasi masalah memalukan seperti sembelit. 

Baca Juga: 5 Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh, Aman Dikonsumsi Saat Mendesak

Mengontrol Diabetes

Selain itu, mengkonsumsi petai menta atau jus juga bermanfaat untuk mengontrol diabetes. Sehingga petai patut dicoba bagi Anda yang mempunyai masalah gula darah tinggi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Meningkatkan Otot

Petai mengandung cukup banyak potasium yang berperan penting dalam kontraksi otot dan transmisi saraf. Sehingga petai kerap direkomendasikan bagi para olahragawan untuk mengkonsumsi petai karena manfaat tersebut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain itu, petai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, petai mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung karena mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Baik Untuk Jantung Hingga Pencernaan, Ini 6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Kekabalan Tubuh

Petai merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memenuhi pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Satu porsi setengah cangkir petai mengandung 75 mg kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan menjaganya tetap sehat. Selain itu, petai juga membantu pembekuan darah kita, mengirim pesan saraf dan otot berkontraksi.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan? Ada 5 Hal Menarik

Membantu Mengurangi Depresi

Tahukah Anda jika mengkonsumsi petai juga dapat bermanfaat untuk mengurangi depresi?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND (sebuah lembaga penelitian) pada individu yang berjuang dengan gangguan depresi menemukan bahwa banyak dari kelompok fokus merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi petai. 

Karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin yang membantu Anda rileks, meningkatkan mood dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×