kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Berkala


Rabu, 27 Maret 2024 / 11:08 WIB
Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Berkala
ILUSTRASI. Kebiasaan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak perubahan kebiasaan sehat untuk menurunkan kolesterol dengan bijak. Perubahan pola hidup menuju gaya hidup yang lebih sehat merupakan langkah kunci dalam mengelola kadar kolesterol yang tinggi.

Ketika kolesterol dalam darah meningkat, terutama kolesterol LDL (kolesterol jahat), risiko penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi meningkat.

Namun, dengan mengadopsi kebiasaan sehari-hari yang sehat, seperti makan makanan bergizi, berolahraga teratur, dan menjaga berat badan yang sehat yang dapat mengurangi risiko tersebut.

Langkah-langkah sederhana seperti mengurangi asupan lemak jenuh dan trans, meningkatkan konsumsi serat, dan berhenti merokok juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan jantung.

Dengan berkomitmen untuk mengubah pola hidup secara bertahap, Anda dapat mengambil kendali atas kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Berapa Kadar Normal Asam Urat? Ini Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Makanan Tidak Sehat

Ada beberapa informasi kebiasaan sehat untuk menurunkan kolesterol dengan bijak, dilansir dari laman Mayo Clinic.

1. Konsumsi makanan untuk kesehatan jantung

Beberapa perubahan dalam pola makan Anda dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda:
Kurangi asupan lemak jenuh, yang utamanya ditemukan dalam daging merah dan produk susu full-fat, karena dapat meningkatkan kolesterol total Anda.

Dengan Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol "jahat".

Pastikan untuk menghindari lemak trans, yang sering digunakan dalam margarin dan makanan olahan seperti kue dan biskuit, karena dapat meningkatkan tingkat kolesterol secara keseluruhan.

2. Konsumsi makanan esensial

Pilih makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, makerel, dan kacang kenari, karena memiliki manfaat jantung lainnya, seperti menurunkan tekanan darah.

Anda bisa menambahkan serat larut ke dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan seperti oatmeal, kacang merah, dan buah-buahan, karena dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah.

3. Rutin berolahraga dan aktivitas fisik

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kolesterol Anda. Berolahraga sedang bisa membantu meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL), kolesterol "baik".

Anda bisa secara bertahap meningkatkan intensitas dan durasi olahraga Anda secara bertahap hingga mencapai setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau 20 menit aerobik yang keras tiga kali seminggu.

Dengan meningkatkan aktivitas fisik Anda secara keseluruhan dengan menambahkan kegiatan fisik ke dalam rutinitas harian Anda, seperti berjalan cepat selama istirahat makan siang atau mengendarai sepeda ke tempat kerja.

Untuk mempertahankan motivasi, pertimbangkan untuk memiliki teman olahraga atau bergabung dengan kelompok olahraga.

4. Berhenti merokok

Tindakan berhenti kebiasaan buruk seperti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL secara berkala.

Manfaatnya bisa terasa dengan cepat, mulai dari pemulihan tekanan darah dan detak jantung setelah 20 menit hingga penurunan risiko penyakit jantung setelah satu tahun.

5. Menurunkan berat badan

Saat berat badan Anda dirasa tidak ideal, tentu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menguranginya.

Pastikan membuat perubahan kecil dalam kebiasaan makan dan gaya hidup, seperti mengganti minuman manis dengan air, mengonsumsi camilan rendah kalori, dan meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari, seperti berjalan kaki selama istirahat kerja atau memilih untuk menggunakan tangga daripada lift.

Itulah informasi terkait perubahan kebiasaan sehat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×