kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Baik Untuk Jantung Hingga Pencernaan, Ini 6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


Senin, 15 April 2024 / 13:15 WIB
Baik Untuk Jantung Hingga Pencernaan, Ini 6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat buah anggur

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah anggur untuk kesehatan bisa Anda dapatkan dengan mudah jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat buah anggur untuk kesehatan cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Tak berhenti sampai disitu, buah anggur juga termasuk salah satu jenis buah yang memiliki rasa lezat dan enak untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu tidak heran buah anggur kerap dijadikan atau diolah menjadi penyedap rasa makanan dan minuman karena memiliki rasa yang lezat serta manfaat yang melimpah. 

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan, Banyak Khasiat Tidak Terduga

Anggur juga merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut tidak heran buah anggur mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi.

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah anggur juga mempunyai manfaat yang dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan kandungan lutein dan zeaxanthin dalam anggur dapat melindungi retina dan lensa mata. 

Kandungan dalam anggur tersebut telah terbukti meningkatkan jangkauan visual,mengurangi ketidaknyamanan dari silau, meningkatkan kontras visual dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kulit, Cocok Jadi Obat Jerawat

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah anggur bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah anggur juga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

Mencegah Tanda Penuaan

Buah anggur juga memiliki manfaat yang mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Hal tersebut berasal dari kandungan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak, sehingga terhindar dari penyakit penuaan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengkonsumsi buah anggur secara rutin bisa meningkatkan kualitas tidur loh. Pasalanya, melatonin alami dalam anggur berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik. 

Baca Juga: Cek, 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah anggur selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan dalam buah anggur terbukti menangkis pengerasan arteri, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, mengekang pembekuan darah, dan menurunkan peradangan. 

Dilansir dari Health, Penelitian menunjukkan bahwa anggur juga membantu mengurangi kolesterol dengan mengurangi penyerapan senyawa ke dalam darah.

Melancarkan Pencernaan

Buah anggur juga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Meski anggur tidak terlalu tinggi, akan tetapi, serat dan cairan dalam buah anggur dapat membantu mendukung keteraturan usus, dan polifenol anggur bekerja untuk mengubah bakteri usus secara positif dengan cara yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×