kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Penyebab Kaki Bengkak yang Menjadi Pertanda Suatu Penyakit


Jumat, 24 November 2023 / 14:24 WIB
7 Penyebab Kaki Bengkak yang Menjadi Pertanda Suatu Penyakit

Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Kaki Bengkak - JAKARTA. Pahami penyebab kaki bengkak yang bisa terkait penyakit tertentu. Kondisi kaki bisa menjadi salah satu indikator tingkat kesehatan tertentu.

Kaki bengkak adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan atau penumpukan cairan di kaki, pergelangan kaki, atau kaki bagian bawah.

Mulai dari masalah sepele hingga masalah serius yang membutuhkan pertolongan medis. Bengkak ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk retensi cairan, peradangan, atau gangguan sirkulasi.

Beberapa penyebab umum kaki bengkak melibatkan kondisi medis tertentu, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, atau masalah vena.

Baca Juga: 6 Kondisi Kuku Sebagai Tanda Penyakit dan Gangguan Kesehatan

Penyebab kaki bengkak

Kaki bengkak

Cedera atau trauma pada kaki juga dapat menyebabkan bengkak. Selain itu, gaya hidup, seperti lamanya berdiri atau duduk dalam posisi tertentu, dapat berkontribusi pada pembengkakan kaki.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Anda perlu mengangkat kaki yang terluka dan jangan beri beban berlebih pada kaki tersebut.

Selain terkilir, masih banyak faktor lainnya yang memicu pembengkakan kaki. Bila kaki bengkak tak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang relatif lama, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Merangkum dari laman WebMD, simak beberapa penyebab kaki bengkak yang perlu diwaspadai dan menjadi pertanda suatu penyakit.

Baca Juga: Vitamin C Bisa Turunkan Asam Urat & Darah Tinggi, Apa Lagi Manfaat Lainnya?

1. Edema

Edema merupakan penumpukan cairan di jaringan tubuh, termasuk di kaki. Ini bisa disebabkan oleh retensi cairan yang dipengaruhi oleh kondisi medis seperti gagal jantung, penyakit ginjal, atau gangguan hati.

Pastikan Anda melakukan pemeriksaan lanjutan terkait perubahan fisik pada kaku yang tentu menjadi gejala awal penyakit di atas.

2. Kehamilan

Salah satu kondisi yang biasa dialami oleh ibu hamil adalah kaki bengkak. Hal itu terjadi karena retensi cairan dan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena. Anda tidak perlu khawatir karena kaki bengkak karena hamil bisa diatasi dengan beberapa cara.

Sama seperti kaki terkilir, Anda perlu mengangkat kaki untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, gunakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat untuk supaya tekanan dapat berkurang. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan asin agar retensi cairan tak bertambah parah.

3. Jenis Obat Tertentu

Medical News Today menyebutkan bahwa kaki bengkak dapat terjadi sebagai efek samping jenis obat tertentu. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah obat antidepresan, obat hipertensi, dan obat diabetes.

Jika mengalami kaki bengkak setelah mengonsumsi jenis obat itu, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter.

4. Infeksi

Penyebab kaki bengkak berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah infeksi. Risiko infeksi semakin meningkat saat Anda menderita diabetes. Jika infeksi terjadi, biasanya dokter akan memberikan antibiotik supaya infeksi tak menyebar dan memperparah kondisi kesehatan.

5. Trombosis Vena Dalam (DVT)

Penyebab: Pembentukan bekuan darah di vena dalam, yang disebut trombosis vena dalam, dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri di kaki.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol bisa jadi salah satu penyebab kaki bengkak, lo. Sebenarnya, kondisi itu merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, jika kaki bengkak terus terjadi, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja kaki bengkak terjadi karena masalah lain yang lebih serius.

7. Cuaca

Sadarkah Anda bahwa kaki bengkak rentan terjadi saat cuaca panas? Kondisi itu terjadi karena pembuluh vena melebar untuk mendinginkan suhu tubuh. Agar tak bertambah parah, cobalah untuk mendinginkan tubuh dengan minum banyak air putih dan menggunakan pakaian yang nyaman.

Pengobatan tergantung pada penyebabnya dan bisa melibatkan perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau intervensi medis lainnya.

Itulah informasi terkait beberapa penyabab kaki bengkak yang perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×